Senin, 26 Desember 2011

Everyday rain...

Sudah sekitar 5 hari ini langit terus menumpahkan muatanya. aku jadi lebih sering berada di rumah. tadi malam aku berencana pergi ke warnet. awalnya hanya mendung, jadi aku positif untuk pergi. di perjalanan mulai terasa ada rintik hujan.. lalu kemudian hujan semakin lebat dan membuatku jadi basah kuyup. rencanaku untuk pergi ikut luntur bersama air yang terus membuatku basah, jadi aku memutuskan kembali pulang.. dirumah terasa lebih hangat, karena ibu dan adik ku sedang berada di banjarbaru. lalu aku mengganti pakaian dengan yang kering, membuat teh hangat dan menonton tv.

Kamis malam ketika pergi menjemput ibuku yang sedang dalam perjalanan menuju banjarbaru, hujan turun dengan derasnya. basah dan dingin menyatu menjadi satu. jalanan yang ku lewati banyak yang terbenam oleh air. benar - benar hujan yang lebat. aku berhenti di sebuah mulut jalan, menunggu ibuku yang masih belum sampai ke tujuan. perjalanan dari banjarmasin terasa lebih lama, karena supir harus ekstra hati - hati dengan jalanan basah dan licin.

Hujan kadang memberiku rasa tenang, tapi kadang juga rasa sepi. ditiap sore dikala hujan, aku sering menatap keluar jendela.langit tampak kelam dan lembab. rumah - rumah tenang membisu.. hanya ada lampu - lampu jalan dan tetesan air.. seperti jeda, seolah tak ada kehidupan yang bernafas saat itu. layaknya template blog ini, kadang membuatku merasa sendirian dan tengah terkurung di rumah. namun aku menikmatinya, saat ini aku hanya ingin sendirian.. hanya untuk saat ini.

Leptospira

Beberapa waktu lalu, aku sempat menonton berita tentang para pedagang yang menggunakan daging tikus untuk diolah menjadi sate dan dijual kepada masyarakat luas. tikus yang digunakan adalah tikus yang rata - rata berukuran besar dan biasanya hidup pada daerah - daerah yang tidak higienis. hewan pengerat yang jelas haram ini adalah hewan yang menyebarkan bakteri Leptospira sp. ada banyak sebutan untuk penyakit yang di sebabkan oleh bakteri ini, namun umumnya dikenal sebagai leptospirosis.

Leptospira adalah bakteri yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia, maupun sebaliknya (zoonis). induk semang (host) utama bakteri ini adalah tikus. bakteri ini bertahan lama pada ginjal tikus dan keluar bersama air seni. leptospirosis terjadi di seluruh dunia, baik pada daerah subtropis maupun tropis. kemampuan leptospira untuk bergerak cepat di air adalah faktor utama untuk menemukan host baru. pada daerah endemik penyebaran penyakit ini terjadi di daerah sekitar banjir, yang merupakan kondisi paling manis bagi leptospira untuk menyebar. pada musim hujan, keadaan tanah menjadi becek, berlumpur dan banyak genangan air. pada tempat - tempat pembuangan sampah yang basah karena hujan merupakan tempat yang paling banyak di huni oleh tikus. manusia terinfeksi oleh bakteri ini karena adanya kontak langsung dengan media yang telah tercemar leptospira maupun dari urin hewan yang telah terinfeksi.

Gejala klinis yang di timbulkan seperti jaundice (adanya perubahan warna menjadi kuning pada beberapa permukaan tubuh karena pecahnya eritrosit), demam, tidak nafsu makan, depresi, nyeri pada bagian tubuh, gagal ginjal, gangguan kesuburan, dan bahkan kematian. pada hewan umumnya tidak menunjukan gejala apapun walau sebenarnya telah terinfeksi leptospira. gejala yang muncul pada hewan umumnya hanya berupa jaundice pada mukosa mata dan telinga, seperti yang terjadi pada kucing ataupun hewan - hewan peliharaan lainya. infeksi leptospira pada hewan dapat berlangsung selama berbulan - bulan sedangkan pada manusia hanya selama 60 hari.

Pencegahan :
  • cuci tangan dengan sabun dan keringkan, terutama sebelum makan.
  • jangan biarkan luka terkena lumpur atau air yang kotor.
  • jangan berjalan pada daerah berlumpur tanpa alas kaki.
  • bersihkan dan jauhkan lingkungan dari sampah.
  • jangan makan di dekat hewan peliharaan, apalagi menyentuhnya.
  • jangan memberi makanan mentah pada peliharaan.
  • hindari untuk sering berada di daerah sekitar banjir ataupun pada daerah yang tergenang air.
  • jauhkan makanan dan alat - alat makanan dari jangkauan hewan, terutama tikus.
  • tuangi karbol/lysol pada daerah/rumah yang diduga telah dicemari kencing tikus.
  • bila pulang kerumah dalam keadaan basah, jangan langsung usapkan tangan pada wajah.
***
Sedikit bacaan di musim hujan.. thanks vo reading.. ^^

***

Minggu, 25 Desember 2011

The Karate Kid

Film ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Dre Parker (Jaden Smith) yang pindah ke China bersama ibunya. awalnya dia tidak tertarik untuk hidup di negara barunya, apalagi di setelah ia di hajar habis - habisan di sebuah taman. di hari - hari berikutnya, ia bertemu dengan seorang tukang reparasi di apartemen tempat ia tinggal. ia bernama Mr. Han (Jackie Chan). awalnya Dre tidak tau bahwa Mr. Han ternyata pandai kungfu. hingga Dre diselamatkan oleh Mr. Han saat ia akan di bantai oleh anak - anak yang pernah memukulinya di taman.

Untuk menyelesaikan masalah di antara anak - anak ini, mereka datang ke perguruan kungfu tempat para berandalan kecil itu belajar beladiri. awalnya mereka datang hanya untuk berdamai dan membicarakan apa yang terjadi, namun malah sebaliknya.. Dre dan Mr. Han malah ditantang sparing.. Mr. Han akhirnya memutuskan agar mereka akan berduel di sebuah turnamen besar, dan meminta agar Dre tidak diganggu agar ia bisa belajar kungfu.. hingga turnamen itu tiba...

Dre mengalami banyak cobaan dalam mempelajari kungfu.. sebagai anak yang masih sangat belia, ia berlatih keras dan disiplin untuk bisa menguasai kungfu dan mengerti tentang arti dari kungfu yang sebenarnya.. ia belajar dan terus menjalani hidupnya sebagai seorang Dre Parker..

***

Pada film ini banyak menggambarkan kehidupan masyarakat di China pada umumnya.. seperti budaya, makanan yang ada di sana beserta pemandanganya.. masuknya seorang anak yang berasal dari belahan dunia yang lain merefleksikan tentang adanya perbedaaan manusia, namun manusia dimanapun berada tetap memiliki persamaan dan tujuan hidup.. hanya berbeda pada budaya dan bahasa...

Senin, 21 November 2011

Despicable Me

Naa.. ini adalah film animasi yang baru aja ku tonton. filmnya lumayan rame juga. mengisahkan tentang seorang pencuri super yang bernama Gru yang berniat mencuri bulan. awal dari rencana ini dimulai saat ia mengetahui bahwa ada seorang pencuri super lain yang berhasil mencuri piramida terbesar di tanah arabia. Gru adalah seorang pencuri profesional yang paling keji yang pernah ada. ia tidak senang bila orang lain menghalangi nya. ia memiliki banyak senjata canggih dibalik jaket hitam yang ia kenakan. salah satu senjata favoritnya adalah senjata pembeku yang bisa membuat target terbungkus es. Gru memiliki kendaraan yang terbuat dari baja dan di gerakan dengan booster yang tampak sangat tidak ramah lingkungan. rumahnya sendiri tampak seperti kastil tua, suram dan tak ada rumput yang tumbuh subur di halaman rumahnya. ia memiliki anjing galak yang lebih mirip hasil persilangan antara piranha dan tasmania devil. Gru sendiri takut dengan anjingnya.

Gru dan Dr Nefario dalam rencana pembuatan roket

Saat ia mengungumkan rencananya di ruang bawah tanah, Dr Nefario mengatakan bahwa rencana ini mustahil bila mereka tidak memiliki roket untuk pergi ke bulan. mereka membutuhkan dana besar untuk membuatnya. lalu Gru datang ke Bank of Devil untuk meminjam dana namun di tolak. disana ia juga bertemu dengan seorang pencuri muda bernama Vector yang ternyata adalah pelaku dari pencurian piramid di arab. untuk meyakinkan Mr. Parkins, dirut Bank of Devil, ia pergi ke sebuah lab rahasia di asia timur untuk mencuri sebuah senjata yang bisa membuat suatu benda mengecil. ia berencana menggunakan senjata ini untuk mengecilkan bulan. namun setelah berhasil dicuri, Vector datang dan mencuri senjata itu dari tangan mereka.

Edith, Margo, dan Agnes.. tiga anak yatim yang membuat Gru menjadi pencuri super berhati lembek...

Dalam usahanya merebut senjata rahasia dari tangan Vector, ia bertemu dengan tiga anak yatim piatu yang memberikan nya ide cemerlang. ia akan memamfaatkan ketiga anak yatim tersebut untuk membantu mencuri senjata rahasia. ia datang ke rumah yatim tempat anak - anak itu tinggal untuk bisa menjadi orang tua asuh. namun setelah Gru tinggal bersama anak - anak yatim tersebut, perilaku kejam Gru sebagai pencuri super ikut menurun.

***
Animasi yang di buat pertama kali oleh Universal Pictures ini tidak banyak memberikan hiburan dan moral yang berarti. tapi memang ceritanya menarik juga. lumayan buat mengisi hari yang membosankan.

Gulliver's travel

Setelah lama mencari, akhirnya ketemu juga.. film ini adalah film fiksi - komedi yang mengisahkan tentang Lemuel Gulliver (Jack Black) yang terdampar di sebuah pulau liliput yang dihuni oleh manusia - manusia mini. gullivers sendiri sebenarnya tidak sengaja bisa terdampar ke pulau liliput, ia hanyalah seorang pengantar surat yang berniat menulis artikel tentang perjalanan nya ke segitiga bermuda. namun nasip naas menimpanya, saat ia memasuki daerah rawan di daerah sekitar bermuda, ia di hantam badai besar sehingga membuat nya terdampar di pulau tersebut.

Saat ia terbangun.. ia sudah diikat oleh pasukan dari kerajaan liliput dan dibawa ke istana untuk menghadap raja theodore. gulliver di anggap sebagai mata - mata dari kerajaan musuh, sehingga ia di tahan untuk keamanan kerajaan. ia di tahan di sebuah gua, di sanalah ia bertemu horatio. horatio adalah seorang tahanan yang di penjara dengan alasan menyukai sang putri sedangkan dia hanyalah warga dari kelas rendahan.

Banyak cerita lucu yang terjadi saat gulliver hidup sebagai raksasa di pulau liliput. seperti saat ia menolong raja dan putri kerajaan dari gangguan pasukan musuh. saat itu gulliver sedang di pekerjakan untuk membajak lahan pertanian, pasukan mata - mata dari kerajaan musuh masuk ke istana dan membuat keributan. gullivers yang berstatus sebagai tahanan kerajaan membantu melindungi sang putri dari pasukan yang berniat menculik nya. setelah sang putri telah selamat.. ternyata sang raja dan pengawalnya yang setia terperangkap di dalam sebuah kebakaran.. di tengah panasnya api yang mengelilinginya, raja theodore pasrah dan menyanyikan lagu kebangsaan.. tapi guliver, raksasa dari manhattan yang bijaksana memadamkan api dengan air seninya.. akhirnya, sang raja selamat dari kebakaran dan mencabut status gulliver sebagai tahanan dan mengangkat nya sebagai pahlawan kerajaan.

Setelah menjadi seseorang yang terpandang di kerajaan terbesar di jagad liliput.. gulliver banyak membuat perubahan besar.. seperti gaya hidup masyarakat liliput yang awalnya bernuansa kerajaan inggris yang royal berubah menjadi masyarakat perkotaan yang bergaya new yorker. lalu saat menonton opera di rumahnya bersama penghuni kerajaan dan masyarakat liliput, gulivers mengakui bahwa ia adalah avatar dari reinkarnasi luke skywalker dan jack dawson yang membuatnya semakin tenar. ia juga mengajari horatio bagaimana cara agar bisa mendapatkan hati sang putri.

***

Di akhir cerita, aku setuju dengan satu hal.. bahwa perang adalah musuh dari semua manusia di muka bumi.. tak terkecuali liliput. mungkin ga semuanya bisa ku ceritain.. penasaran..?? tonton aja...

:)

Sabtu, 19 November 2011

Puisiku di malam minggu...

Satu malam di malam minggu..
Muda mudi pergi berdua..
Hanya aku duduk termangu..
Duduk termangu pada layar semata..

Cinta yang ku kejar.. cinta yang berlari..
Ibarat bunga layu sebelum senja..
Bila aku terus begini..
Kapan hatinya bisa terbuka..??

Satu malam di malam minggu..
Muda mudi pergi berdua..
Hanya aku duduk termangu..
Duduk termangu dengan mulut menganga..

Masih muda punya rencana..
Satu rencana tuk mengubah semua..
Bila kini aku sengsara..
Besok hari aku kan bersuka..

Kini sendiri belum tentu nanti..
Karena usaha takan pernah mati..
Bila aku sudah siap..
Semua problema akan terjawab..


By : Reza Adi Pratama...

Malam minggu di taman murjani banjarbaru...

Malam minggu, ga ada kerjaan.. aku dan teman ku Iqbal santai di taman murjani banjarbaru.. ngobrol hal - hal ga penting seputar kuliah, atau bahan buat di tulis. memang kami berdua punya satu kesamaan, suka nulis di blog. kalo ada yang asik buat di share, langsung online.. jadi wajar kalau kami punya kebiasaan yang sama juga : pergi ke warnet..

Belakangan ini aku ga punya banyak hal yang asik buat di share.. kehidupan ku biasa aja.. ga ada hal aneh - aneh.. paling cuma sekitar kuliah atau pola tidur ku yang diluar kebiasaan orang - orang. kewarnet cuma buat buka facebook, nge-like status yang muncul di beranda.. surfing artikel yang asik buat di baca.. gitu - gitu aja.. ga spesial.....

Malam ini lumayan juga bisa ada teman buat di ajak ngobrol di murjani.. biasanya aku cuma sendirian aja di sana. kalo udah di murjani, mata kerjaan nya cuma buat liat - liat cewek.. maklum lah jomblo.. memang kalau boleh jujur,, cewek - cewek kalimantan memang spesial.. manis luar dalam.. aku dari dulu pengen banget bisa kaya orang - orang yang kalau tiap malam minggu punya seseorang yang spesial buat di ajak jalan - jalan, yang bisa di ajak buat share bahkan untuk hal - hal yang ga penting sekalipun. tapi yang namanya nasip siapa yang bisa nebak, jodoh juga ga kemana - mana.. lagian aku sedang terfokus pada satu relasi.. yang sudah terpendam semenjak SMA.. jadi enjoy aja...

Malam minggu di murjani ga seperti malam - malam biasanya, lebih rame.. lebih banyak yang jalan.. lebih banyak anak - anak kecil yang bermain bola atau ketapel.. lebih banyak pengamennya juga. menurut ku para pengamen yang biasanya mangkal di murjani rata - rata mahasiswa semua. ngamen buat sekedar rame - ramean dengan teman - teman nya.. bahkan tadi ada juga cewek manis banget ikut ngamen.. kalo aku tau ada cewek yang ngamen, udah ku kasih 5 ribu.. sayang ga ada duit pecahan..

Sambil ngobrol ditemani bakso goreng dan teh botol.. biarpun ribut karena suara motor tapi asik juga.. lupa kalau aku adalah mahasiswa paling malas se indonesia.. jadi ingat kemarin selasa malam aku hadir di acara ulang tahun teman ku juma.. ketika acara selesai, semua peserta pulang dengan krim kue di wajah,, hahaha.. kasian banget..

:D

Selasa, 15 November 2011

Lecture and part time working...

Memang yang namanya kuliah pasti sibuk. ga ada yang namanya kuliah itu tidur - tiduran di kelas. tapi kayanya kesibukan kuliah ga terasa untuk ku. bukan karena aku suka tidur - tiduran di kelas tapi memang karena aku orang yang santai.. ga tau nih bisa santai banget jadi mahasiswa.. teman - teman dikelas banyak yang heran kok aku orang nya bisa begitu santai dengan tugas - tugas dan ujian.. bukan karena mudah bagiku.. tapi karena tidak ku kerjakan sama sekali. kuliah juga ibarat biji jagung yang masih muda, jarang - jarang.. padahal semester 1 aku orang nya lumayan aktif, pas sudah semester 2 semangat ku turun, sekarang semester 3, parah....

Biarpun jarang turun kuliah, tugas ga dikerjain, tapi jangan sampai ketinggalan informasi.. setelah aku menjadi op.. kerjaan ku cuma online tiap malam. yang ku buka biasanya paling facebook, kaskus, dan blogging. naaa,, disini ni.. pas lagi online,, aku membrowse info yang ingin ku cari..ku copy.. terus ku pelajari di rumah. jadi wajar,, biar sering ga kuliah.. tapi aku ga ketinggalan info... aku memang lebih senang dengan cara seperti ini, lebih terasa enjoy aja.. seperti rokok yang paling sering ku hisap..

Aku memang agak berbeda dalam belajar. aku malas belajar kalau suasana nya membosankan. dan aku hanya tertarik pada hal yang tidak ku mengerti. apalagi bila didukung dengan banyaknya sumber informasi.

Diluar itu semua, aku paling senang bekerja sambilan. walaupun statusku adalah seorang mahasiswa, tapi malah itu membuat semangat agar bisa bekerja sambilan disamping kuliah. asik aja rasanya bila punya pekerjaan sambilan dan kuliah bersamaan. kemarin saat adiku lulus di unlam, ibuku sempat kebingungan untuk membayar biaya kuliah kami. aku sempat memutuskan untuk berhenti kuliah, tapi ibuku menolak. jadi aku mencoba untuk mencari pekerjaan. akhirnya aku dapat kerja menjadi operator warnet di sebuah warnet di banjarbaru.

Rasanya menyenangkan juga menjadi seorang op.. bisa online gratis,, ketemu orang - orang yang ga dikenal,, mengisi waktu kosong di malam hari untuk sesuatu yang lebih berguna... memang cocok buat mahasiswa yang berniat cari kerja sambilan. tapi aku tidak lama bekerja di sana, jadwal kuliah ku banyak yang berlangsung pada shift malam.. itu mengganggu pekerjaanku. walau aku seorang penderita malas akut, aku tetap harus mendahulukan pendidikan juga.

Ternyata saat aku berhenti.. kebun keluarga ku yang ada di kampung halaman panen dengan hasil yang lumayan. kebun ini dikelola ayah ku. Ia bukan seorang petani.. tapi ayahku adalah seorang pegawai tulen. sebelum ia meninggal,, ayahku sempat membeli tanah untuk dikelola agar ia punya tambahan penghasilan di usia senja dan kebutuhan darurat. namum sepertinya ia tidak sempat menikmati hasil yang ia tanam.. aku sangat berterima kasih kepada ayahku walau dia sudah tiada.. ia paling paham aku bagaimana.. kuharap ia mau memaafkan dosa anaknya yang pemalas ini..

Walau keadaan ekonomi sekarang sudah lebih baik, aku masih senang dengan kerja sambilan. capek memang, tapi menyenangkan bagiku.. pikiranku lebih terbuka dengan orang - orang.. aku menyadari ternyata aku lebih senang bertemu langsung dari pada hanya mendengarkan teori. aku lebih bersemangat untuk itu bahkan aku siap untuk melakukan lebih. saat ini pun aku masih mencari pekerjaan sambilan, aku masih ingin menelusuri pribadiku dan memperbaiki kekurangan ku sebelumnya..


Shift malam im coming..!! :D

Senin, 14 November 2011

Manis nya hidup rendah gula...

Dari kecil aku memang ga bisa lepas dari makanan - makanan manis. tiap kali pulang kuliah, pasti singgah ke warung buat beli snack seperti soda,, wafer,, macam2.. mau banget bisa hidup ga ketergantungan kaya gini. aku sendiri ga tau kenapa bisa begitu kecanduan. apalagi kalo di bawa membaca atau browsing di warnet,, pasti ada sebotol Pepsi dan ditambah LA menthol (bukan gula,, tapi ga bagus aja..). ga terasa lengkap kalo ga ada mereka.

Untuk kesehatan aku sih baik - baik saja.. malahan aku bingung mengapa aku bisa begitu kurus mengingat konsumsi karbohidrat dan glukosa ku lumayan besar. memang sih ya masalah berat tinggi dan ukuran badan seseorang itu banyak dipengaruhi faktor turunan.. tapi faktor nya ga cuma pada gen aja.. ga mustahil bila ada seseorang punya proporsi tubuh yang berbeda dengan orang tua nya.. entah mungkin lebih tinggi atau lebih besar..

Sebelum saya lari ke pembahasan yang lain, ayo kita langsung bahas ke gula nya aja.. =_='

Gula yang biasanya digunakan dalam beragam cemilan makanan dan minuman memiliki potensi untuk mengganggu kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan. menurut para pakar, konsumsi gula dalam sehari cukup sekitar 8 sendok teh. bila dikonsumsi berlebih maka sudah dapat disebut racun.

7 gangguan kesehatan yang bakal terjadi :
  1. Gula darah yang tinggi bisa menurunkan pertahanan tubuh terhadap luka yang diakibatkan karena infeksi.
  2. Gula dapat mengganggu mineral di dalam tubuh. mengakibatkan kekurangan kromium dan tembaga serta mengganggu penyerapan kalsium dan magnesium.
  3. Gula mengakibatkan peningkatan hormon andrenalin secara drastis. hal ini bisa mengakibatkan sikap hiperaktif, kecemasan, susah untuk berkonsenterasi, dll.
  4. Gula dapat mengakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah.
  5. Gula dapat memperlemah penglihatan.
  6. Gula dapat menyebabkan masalah pada saluran pencernaan. contohnya : saluran cerna yang asam, salah cerna (indigestion), kegagalan penyerapan pada usus besar, peningkatan resiko penyakit kronis dan kolitis disertai luka.
  7. Gula dapat meningkatkan ukuran hati dan jumlah lemak pada hati.
Demikian entri pendek yang ku tulis kali ini.. mudahan bermanfaat aja buat semuanya..

***
Tambahan
Didalam tubuh terdapat mineral yang merupakan jenis zat gizi mikro. termasuk didalamnya kromium, tembaga, dan magnesium. berikut peranannya :
  • kromium atau krom membantu meningkatkan efektivitas hormon insulin, yang membawa glokusa dari darah ke sel - sel tubuh anda untuk diubah menjadi energi.
  • tembaga membantu penyerapan besi (ferum) sehingga membantu mensintesis sel darah merah.
  • magnesium berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung, ginjal, dan otot.

Hormon andrenalin berfungsi untuk menungkatkan reaksi terhadap tekanan dan kecepatan gerak tubuh. tak hanya pada gerakan, hormon ini juga bereaksi thd lingkungan seperti suara dan cahaya. reaksi yangkita rasakan adalah detak jantung yang meningkat.

Kolitis adalah suatu peradangan akut pada kolon.

***
Sumber

Rabu, 26 Oktober 2011

Berhenti jadi op...

Awal masuk semester 3 aku sempat bekerja sebagai operator warnet. pekerjaan nya sederhana, cukup mengawasi pelanggan yang online dan mencatat setiap barang yang keluar. tapi aku tidak bertahan lama disana.. bukan karena bosan atau tidak senang.. justru aku sangat menikmati pekerjaan ku sebagai op. hanya waktuku untuk yang lain jadi banyak tersita. aku bekerja pada shift sore dari jam 4 sampai jam 12 malam. begitu perjanjiannya ketika awal aku bekerja. tapi faktanya aku begitu menikmati pekerjaan ku. tidak hanya sampai jam 12,, aku terus online sampai pagi. lagian aku tidak punya banyak kegiatan di rumah, tidur juga ga bisa.. itu mengapa aku lebih memilih tetap bekerja sampai pagi.

Bekerja lembur banyak resikonya.. tubuh yang kelelahan membuat ku ingin terus istirahat. kuliah dan waktu bersama teman - teman banyak tersita karena aku lebih banyak mengkabiskan hari untuk tidur. kemarin ketika masa - masa ospek mahasiswa baru aku di panggil kakak kelas untuk membantu jalan nya kegiatan. tapi aku hanya hadir selama 2 hari saja.. itu pun ada yang langsung pulang karena kepalaku pusing gara - gara ga tidur selama 3 hari. apalagi masalah berkumpul dengan teman - teman. waktu sore dan malam hari adalah waktu yang paling rame. teman - teman ku datang kerumah buat menghabiskan sisa hari nya. ada yang masak.. ada yang main counter strike.. ada yang nonton tv.. yang paling menyenangkan bagiku saat duduk - duduk santai di luar.. tapi semua berhenti ketika aku mulai bekerja.. jadi ga enak dengan yang lain.

Tapi pengalaman nya lumayan asik juga.. aku jadi dapat banyak kenalan dari bekerja di sana. aku bahkan hapal tiap wajah yang jadi langganan warnet tempat aku bekerja. tiap malam dari jam 12 sampai pagi setidaknya ada 3 atau 4 orang yang online.. walau ga saling kenal,, kami cukup akrab,, saking akrabnya kadang aku bisa dengan santai tidur di sofa dan membiarkan mereka terus online.. banyak juga cewek yang online.. ada satu cewek misterius yang tak kan pernah ku lupakan seumur hidup.. awalnya dia online di box 7,, lalu ga lama ia memanggil ku.. kebetulan kompi yang disana lagi rusak.. aku melihar layar di box 7 tampak berantakan... ia tampak gugup.. pandangan matanya yang sederhana seolah berharap padaku kalau tidak ada yang salah... aku hanya terdiam melihat ekspresinya.. "oh.. error lagi nih kompi.." ku bilang... dia tersenyum.. "ni kompinya memang agak bandel,, suka rusak sendiri.. kalau mau pindah aja ke box lain nya..." senyum manis nya melebar.. ia tampak sedikit lega.. tapi karena box yang lain sudah terisi,, ia memilih untuk duduk di sofa,, menunggu kalau ada yang log off.. posisi dia duduk pas di depan meja operator.. ku sempat memperhatikan dia sedang membalas sms.. astaga ni cewe manis banget.. rambutnya pendek berkilau.. kulit nya putih.. mata nya yang sipit rada juling membuatnya tampak oriental.. tapi aku ga berani menatapnya lebih lama.. posisi yang sedekat itu pun membuatku gugup.. lalu hari berikutnya dia datang lagi ke warnet dengan pacar nya.. setelah aku selesai memprint beberapa berkas,, dia keluar dari box nya.. duduk sendiri di tempat yang sama.. ia melipat kaki kurusnya dan terus memandangi ku dengan tatapan yang tidak ku mengerti.. aku hanya berani menatap nya ketika ada yang lewat... aku bahkan hampir ga bisa bernapas saat itu.. hari - hari berikutnya,, aku tak pernah melihatnya lagi.. entah siapa dia,, dimana dia tinggal aku tidak tau... tapi aku tak akan pernah melupakan manisnya gadis "rada" oriental tadi..

Aku memilih bekerja pada malam hari pada dasar nya hanya untuk mencari pengalaman,, dan juga tambahan penghasilan.. rencana nya aku ingin bekerja sampai akhir semerter 3,, kalau perlu lebih.. tapi memang ga semua rencana bisa berjalan lancar. mau bagaimana lagi.. ya terpaksa aku harus ikhlaskan.. tapi aku yakin akan ada banyak tantangan di masa depan.. aku hanya perlu mempersiapkan diri...

Selasa, 25 Oktober 2011

Penyakit di musim hujan...

Dari minggu lalu langit kota banjarbaru sering diselimuti mendung dan hujan yang lebat.. apalagi bila sudah pukul 2 - 4 wita,, pasti hujan.. ga salah lagi sekarang sudah masuk musim pancaroba. di saat seperti ini beragam penyakit musiman mulai banyak bermunculan.. aku sendiri saat ini sedang terkena flu.. ga parah,, hanya mengganggu. ini gara - gara kehujanan di jalan. tapi aku yakin sakitnya ga lama. tapi tidak hanya aku sendiri,, beberapa temanku dikelas ketika praktek IBM tadi pagi juga terlihat rada pucat.. beberapanya juga ada bersin - bersin. satu indikator mulai ada gejala penyakit musiman.

Bicara soal peralihan musim,, saya sebagai mahasiswa kesehatan pasti bakal membahas penyakit musiman. oke kalau begitu mari kita telusuri penyakit yang muncul pada musim pancaroba dan musim hujan.


Demam Berdarah
Demam berdarah ditularkan melalui nyamuk aides aegepty. pada umumnya gejala yang muncul karena gigitan nyamuk ini adalah :
  1. sakit kepala yang hebat
  2. pening di sekitar mata
  3. rasa nyeri pada otot dan persendian
  4. keinginan untuk muntah
Diare
Ada banyak penyebab dari diare, namun yang biasa terjadi pada musim hujan adalah diare yang diakibatkan karena infeksi bakteri. hal ini terjadi karena kurang nya kebersihan pada tempat - tempat sanitasi. musim hujan sebagai musim yang paling basah mendukung penyebaran bakteri penyebab diare.

Demam
Demam bukanlah suatu penyakit melainkan suatu bentuk pertahanan dari sistim kekebalan tubuh yang bertujuan untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit seperti infeksi bakteri,, parasit,, perubahan suhu lingkungan,, dll.. tanda - tanda demam adalah sebagai berikut :
  1. sakit kepala,, leher dan pundak terasa tidak nyaman,, perasaan bingung
  2. saat buang air kecil terasa panas
  3. nafas pendek dan sering batuk
  4. sakit pada daerah tertentu dan terjadi peradangan
Flu
Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. flu menular melewati udara dan media yang disentuh oleh penderita. ciri khas dari flu adalah :
  1. sakit kepala
  2. lemas dan lelah luar biasa
  3. gejala demam
  4. sakit pada otot
  5. sering menggigil karena perubahan suhu tubuh

Beberapa tips untuk menghindari penyakit di musim hujan :

Mencuci tangan
Sebagian besar virus flu menyebar melewati kontak langsung,, maka sebaiknya kita lebih sering mencuci tangan. terutama setelah berinteraksi dengan penderita penyakit tsb. usahakan untuk tidak menyentuh wajah karena umumnya virus influenza masuk ke tubuh melewati mata,, mulut,, dan saluran nafas.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi
Penyebaran penyakit pada musim hujan biasanya sangat cepat. maka di butuhkan daya tahan yang baik untuk melindungi diri dari serangan dari luar. makanan yang dianjurkan untuk menambah kekebalan tubuh adalah buah,, sayur,, dan susu. perlu diperhatikan juga masalah pengelolahan makanan dan asal makanan yang kita makanan, sehingga kita perlu menghindari makanan yang berasal dari sembarang tempat yang tidak jelas tingkat kebersihannya.

Menjaga kebersihan
Pastikan lingkungan sekitar rumah bersih. beberapa virus penyebab diare seperti Cholera dkk biasanya mudah menyebar pada lingkungan yang kotor. genangan air bisa saja menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebar demam berdarah.

Menjaga kebersihan rumah
Rumah wajib di perhatikan kebersihan nya karena nyamuk penyebar penyakit demam berdarah bisa saja bersarang pada sudut - sudut rumah yang gelap. pastikan kamar dalam keadaan rapi dan tidur menggunakan obat anti nyamuk ataupun kelambu.

Menggunakan alas kaki
Bila kita berjalan pada tanah yang becek,, ada kemungkinan larva cacing masuk melewati kulit kaki. sehingga wajib untuk menggunakan sandal pada saat berjalan pada lingkungan yang basah.

Mengkonsumsi tambahan suplemen
Untuk menjaga agar tubuh tetap fit,, maka tambahan suplemen bisa menyempurnakan kondisi tubuh anda. disarankan juga untuk memiliki oralit di rumah.

Mandi tidak pada malam ataupun siang hari
Salah satu penyebab demam adalah perubahan suhu yang berasal dari luar tubuh. mandi pada waktu yang salah dapat membuat tubuh berjaga - jaga sehingga bisa memicu demam.

***

Hanya bisa sedikit yang bisa ku tulis malam ini.. badan ku lagi lemas nih.. mau cepat - cepat pulang.. lagi dingin di luar... bila mau baca lebih,, klik aja link sumber di bawah halaman... at last,, thanks all vo reading.. and have a better monsoon..

haatssimm... X-(


***

Sumber :

Senin, 24 Oktober 2011

Awas junk food...!!!

Ketika aku mengunjungi beberapa situs tentang jenis - jenis pangan untuk kebutuhan tugas kuliah,, aku sempat membaca beberapa artikel mengenai junk food. Junk food atau disebut juga makanan nirnutrisi adalah istilah yang di tujukan untuk makanan yang mengandung sedikit zat gizi tapi mengandung lemak yang besar. makanan ini antara lain adalah makanan yang biasanya tersaji pada berbagai produk fast food dan minuman - minuman bersoda. sebenarnya fast food tidak sama dengan junk food, hanya saja fast food memberikan efek buruk bila di konsumsi secara berlebihan. ada banyak jenis makanan junk food lain nya, berikut 10 besar jenis - jenis makanan yang termasuk dalam kategori makanan junk food :

Makanan gorengan
Makanan gorengan adalah makanan yang produksinya menggunakan minyak goreng sebagai media penggorengan. makanan ini biasanya mengandung kadar kalori yang tinggi dan bila di konsumsi secara terus menerus akan mengakibatkan obesitas. makanan gorengan yang biasanya menjadi jajanan pasar atau jajanan yang banyak di sajikan di warung makan kebanyakan digoreng dengan menggunakan minyak jelantah atau minyak goreng yang pemakaian nya lebih dari 2 kali. minyak jelah yang seharusnya merupakan minyak bekas tidak dapat dipakai lagi  untuk kebutuhan produksi pangan karena bersifat kersinogen (penyebab kanker). namun hal ini banyak diabaikan oleh pihak pengelola makanan dengan alasan lebih ekonomis.

Makanan kaleng
Makanan yang tersedia dalam bentuk kalengan,, baik buah maupun daging kaleng telah banyak mengalami kerusakan gizi baik kualitas maupun kuantitasnya. protein pada makanan kaleng banyak yang rusak sehingga reabsorpsi nya diperlambat. pada buah kalengan berkadar gula tinggi banyak diasup kedalam tubuh dalam bentuk cair sehingga sangat mudah diserap oleh tubuh. hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan memberatkan kinerja pankreas. bersamaan dengan kandungan kalori nya yang tinggi bisa menyebabkan obesitas.

Makanan asinan
Dalam pengasinan makanan dibutuhkan penggunaan garam dalam jumlah besar, yang bisa menyebabkan kandungan garam pada makanan tersebut melebihi batas. hal ini bisa menyebabkan hipertensi dan mengganggu ginjal. terlebih pada penggunaan amonium nitrit yang bisa menyebabkan kanker hidung dan tenggorokan. bagi orang - orang yang mengkonsumsi makanan asinan secara kontinyu dapat mengakibatkan radang lambung dan usus.

Makanan daging yang diproses (Ham, Sosis, Dll)
Makanan yang termasuk kedalam jenis makanan tersebut menganding garam nitrit yang bisa memicu kanker. adanya zat pewarna pada makanan tersebut dapat membebani lever. juga dapat menggangu ginjal dan tekanan darah.

Makanan dari daging berlemak dan jerohan
Walaupun mengandung kandungan gizi yang baik, tapi makanan ini juga dapat mengakibatkan penyakit jantung karena adanya lemak jenuh dan kolesterol. mengkonsumsi daging jeroan dalam jumlah besar dan waktu yang lama dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner dan tumor ganas, kanker, dll.

Olahan keju
Konsumsi makanan hasil olahan keju seperti kue yang menggunakan keju dapat mengakibatkan penambahan berat badan dan meningginya gula darah. pada kue yang menggunakan keju dan telur dapat mengakibatkan kurangnya gairah makan.

Mi instant
Makanan ini merupakan makanan yang tinggi karbohidrat gan garam namun rendah nutrisi. makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi seperti mi instan dapat memberatkan kinerja ginjal, meningkatkan tekanan darah dan mengganggu pembuluh darah jantung.

Makanan yang dipanggang/dibakar
Makanan yang dipanggang mengandung banyak atom karbon yang bila dimasukan secara massal kedalam tubuh dapat bersifat karsinogenik atau pemicu kanker.

Makanan manis beku
Makanan ini bila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan obesitas. kadar gula yang tinggi dapat menurunkan nafsu makan dan rendahnya temperatur busa mempengaruhi usus.

Manisan kering
Manisan ini mengandung garam nitrat yang bila bergabung dengan ammonium yang ada di dalam tubuh maka dapat menghasilkan zat karsinogenik. seperti bahaya penggunaan garam nitrat umum nya makanan ini memberatkan fungsi ginjal dan meningkatkat tekanan darah tinggi.

Minuman bersoda
Minuman bersoda umumnya mengandung kadar gula yang tinggi sehingga minuman bersoda dapat menimbulkan penyakit diabetes.

Berikut tips agar terhindar dari resiko yang ditawarkan junk food :

Sarapan yang tepat
Mulailah hari dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. seperti makanan yang mengandung serat tinggi (sayuran hijau), susu rendah lemak, maupun jus buah. tubuh yang mengkonsumsi makanan kaya serat akan menyerap zat - zat nutrisi secara lambat, sehingga dapat menunda rasa lapar dan keinginan untuk mengkonsumsi makanan ekstra bisa di hindari.

Hindari kulit pada fried chicken
Ketika mengkonsumsi makanan fast food seperti fried chicken (ayam goreng), sebaiknya kulit di pisah dari daging dan tidak dimakan. karena adanya kandungan lemak jenuh dan kolesterol.

Pilih makanan yang disajikan dengan nasi
Bila berniat mengkonsumsi makanan cepat saji,, pilihlah makanan yang dimakan bersama nasi. seperti ayam goreng, dll.

Makan dalam porsi kecil
Bila tidak sanggup untuk menahan diri mengkonsumsi makanan junk food, maka cobalah untuk membeli dalam porsi kecil.

Mulailah berolahraga
Berolahraga dapat menggunakan energi yang tersimpan dalam tubuh. sehingga penumpukan bisa dikurangi.

***

Yang paling penting dalam mengkonsumsi kebutuhan pangan,, baik junk food maupun tidak adalah jangan mengkonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan.. karena bagaimanapun segala macam hal yang berlebihan tidak akan menghasilkan hal yang baik.

Demikian entri kali ini mengenai junk food.. mudahan sedikitnya bisa menambah pengetahuan...


^^

***

Jumat, 23 September 2011

Kunci rumah yang hilang...

Bicara soal keamanan rumah,, aku pernah punya pengalaman tentang kunci rumah yang hilang. kejadian ini tidak begitu lama terjadi.. kira - kira sekitar 2 - 3 bulan yang lalu. saat itu sore hari, aku mau pergi keluar untuk mengisi pulsa. lalu aku pergi bersama motor honda beat kesayangan ku. seperti biasa, aku selalu meletakan kunci rumah di six pack motor.. entah mengapa sore itu aku tergiur untuk menarik gas sedalam yang aku bisa,, mungkin karena aku terburu - buru ingin mengisi pulsa. ketika di jalan aku menyalip motor dan mobil yang ada di depan. rasanya menyenangkan. tapi aku tidak menyadari ternyata ada lubang,, langsung ku lindas.. seketika motor ku jadi tidak terkendali. untung masih bisa ku atasi, jd aku tidak terjatuh dari motor.

Setelah selesai mengisi pulsa, aku pulang kerumah. keanehan terjadi,, ketika aku akan membuka pintu rumah, aku tidak menemukan kuncinya. aku sudah periksa di sixpack motor, ga ada. di saku juga tidak ada. teringat kalau td aku sempat mau terjatuh dari motor, pasti kuncinya jatuh di sana. lalu aku datang kembali ke tempat kejadian perkara. aku periksa setiap bagian jalan yang ada di dekat lubang, ga ketemu. lalu akau pergi ke warung tempat aku membeli pulsa.. ga ada juga. terpaksa aku balik lagi ke jalan yg td,, memeriksa kalau aku melewatkan sesuatu.. tapi memang ga ada juga..

Hari sudah semakin gelap, harapan bisa menemukan kunci rumah pun surut. jadi aku pulang tanpa hasil. sampai di rumah, aku bingung mau masuk, dan hari sudah semakin redup. tanpa pikir panjang ku pecahkan kaca jendela yang ada di dekat pintu depan. aku masukan tangan ku untuk meraih kunci yang menggantung di lubang kunci,, akhirnya aku berhasil membuka nya. lalu sesaat teman ku dedy datang ke rumah. melihat kaca jendela yang pecah,, ia kira ada yang membongkar isi rumah ku. aku hanya tertawa kecil melihat reaksinya.

Satu minggu kemudian, kaca rumah dan anak pintu sudah di ganti. hingga sekarang aku tidak pernah lagi menghilangkan apa pun. memang pengalaman adalah guru yang paling berharga, iya ga..??

:-)

***

Moral :
  1. berhati hatilah menyimpan benda yang penting
  2. perhatikan jalan ketika berkendara
  3. itu aja..

Rabu, 21 September 2011

Keracunan makanan dan penanganan...

Ketika mempelajari tentang pangan, yang ku tau tentang pangan adalah jenis - jenis makanan dan minuman yang di tujukan untuk memenuhi kebutuhan biologis manusia. senin kemarin kami sempat mempelajari tentang bahan pangan dan kerusakan pada bahan makanan. salah satu bagian yang menarik perhatian ku adalah tentang kerusakan pangan oleh bakteri. sebenarnya kami tidak ada membahas tentang akibat dari kerusakan makanan , tapi ini membuatku penasaran bagaimana jadinya bila manusia mengkonsumsi makanan dan minuman  yang telah rusak. hal utama yang pasti bakal terjadi adalah keracunan.

Keracunan makanan pada umum nya diakibatkan karena mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh jenis - jenis mikroba seperti bakteri, parasit, atau virus. kerusakan makanan karena proses yang lain nya seperti perubahan zat kimia juga biasanya sering mengakibatkan keracunan makanan. gejalanya dapat berupa flu perut / flu usus (gastroenteritis). flu perut adalah peradangan pada lambung dan usus. flu perut yang di akibatkan karena infeksi virus di sebut viral gastroenteris. gejala nya seperti muntah dan diare atau bahkan keduanya.

Gejala dari keracuanan makanan :
  • kram perut
  • mual
  • muntah
  • diare, kadang - kadang bercampur dengan darah
  • demam
  • dehidrasi
Biasanya kasus keracunan makanan tidak terlalu berat dan dapat sembuh dalam waktu 1 - 2 hari. namun ada juga kasus keracunan makanan yang mengakibatkan kematian.


Penyebab Keracunan Makanan.
Keracunan makanan pada dasar nya diakibatkan karena mengkonsumsi makanan dan minuman yang telah rusak, baik karena mikroba, maupun kimia. penyebab kerusakan pada makanan biasanya karena proses pemasakan, pemilihan bahan makanan, ataupun proses pengemasan yang salah. juga dapat karena adanya gangguan dari luar seperti terinfeksi makanan yang telah rusak oleh bakteri saprofit atau pun termakan oleh hewan. kejadian ini dapat saja terjadi dikarenakan kurangnya kebersihan tempat makanan itu berasal atau bisa saja dimulai karena makan dengan tangan yang tidak higienis.

Berikut beberapa "pelaku" keracunan makanan :

Virus
  • Norovirus, adalah kelompok virus yang mengakibatkan penyakit yang tidak terlalu berat, sering disebut dengan flu perut. biasanya gejala akan hilang selama 2 - 3 hari. virus ini merupakan jenis virus yang paling umum penyebab keracunan makanan. biasanya terjadi pada orang dewasa. virus ini menular melewati air, sayuran dan kerang yang terkontaminasi oleh feses, dan juga dapat ditularkan dari orang ke orang.
  • Rotavirus, adalah kelompok virus yang dapat menyebabkan keracunan makanan yang sedang hingga berat. biasanya ditandai dengan diare cair dan demam. jenis virus ini merupakan jenis yang paling umum menyerang bayi dan anak - anak.. biasanya menyebar dari feses yang mengkontaminasi makanan.
  • virus hepatitis A, adalah virus yang gejalanya ditandai dengan demam, hilang nya nafsu makan, nyeri perut dan rasa lelah, dan kemudian diikuti dengan perubahan warna mata dan kulit menjadi kuning (jaundice). gejala tersebut biasanya berlangsung kurang dari 2 bulan, tapi dapat muncul kembali dalam waktu 6 bulan. virus ini menyebar melewati makanan yang terkontaminasi oleh feces.
Bakteri
Bakteri dapat mengakibatkan keracunan makanan melewati 2 cara, beberapa bakteri dapat menginfeksi usus yang menyebabkan infeksi sehingga usus kesulitan untuk melakukan reabsorbsi zat gizi dan air yang akhirnya mengakibatkan diare. bakteri jenis lain dapat menghasilkan senyawa kimia dalam makanan (toksin) yang bila dimakan dapat membahayakan kesehatan manusia yang memakan nya. gejala yang dihasilkan bakteri jenis ini adalah mual, muntah, gagal ginjal, bahkan kematian.
  • Salmonella, merupakan bakteri yang menyebabkan keracunan makanan dengan gejala mual, muntah, diare berat, dan sakit kepala serta nyeri persendian. pada orang yang memiliki masalah kekebalan tubuh ( seperti penderita gagal ginjal, penderita HIV/AIDS atau mereka yang menjalani kemoterapi), salmonella dapat menyebabkan penyakit yang membahayakan jiwa. bakteri ini biasanya menyebar melewati makanan yang tidak dimasak dengan matang (seperti telur, unggas, produk makanan laut atau pun susu).
  • Campylobacter, merupakan bakteri yang menunjukan gejala demam, diare cair, sakit kepala dan sakit pda otot. bakteri ini merupakan bakteri penyebab keracunan makanan yang paling sering di temui di dunia. biasanya masuk kedalam tubuh melewati makanan berupa unggas mentah, susu mentah, ataupun air yang terkontaminasi oleh kotoran hewan.
  • Escherichia coli, merupakan bakteri yang mengakibatkan gejala diare cair dalam jumlah banyak dan dapat menjadi diare yang bercampur dengan darah. yang terberat dari jenis bakteri ini dapat mengakibatkan gagal ginjal dan juga kematian. bakteri ini masuk kedalam tubuh melewati produk daging yang dimasak kurang matang, susu yang tidak di pasteurisasi atau air minum yang telah terkontaminasi bakteri ini.
  • Vibrio cholerae, dapat menyebabkan yang ditandai dengan kram perut, mual, muntah, dan demam menggigil. biasanya masuk kedalam tubuh melalui daging atau makanan laut yang di masak tidak sempurna (mentah).
Bahan Lain
Biasanya bahan diluar dari infeksi bakteria jarang menyebabkan keracunan makanan. gangguan kesehatan yang dialami terjadi akibat penyiapan dan pengemasan makanan yang kurang baik ataupun pemilihan makanan yang tidak tepat (misalnya mengkonsumsi jamur beracun).

Jamur Beracun
Gejala yang diakibatkan bahan ini dapat beragam, mulai dari gejala ringan hingga gejala yang dapat membahayakan jiwa, tergantung dari jenis jamur yang di konsumsi. gejala yang di timbulkan adalah mual, muntah, dan diare.

Keracunan ciguatera
Disebabkan karena mengkonsumsi ikan yang mengandung toksin yang berasal dari ganggang dari laut dalam. dapat menyebabkan mati rasa di daerah sekitar mulut, yang menyebar ke tangan hingga kaki.lalu gejala berikutnya berupa mual, muntah, sakit pada otot dan kelemahan, sakit kepala, dan denyut jantung yang tidak beraturan. biasanya ikan yang menyebabkan gejala tersebut berasal dari ikan yang hidup pada perairan tropis.

Pestisida
dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang di tandai dengan penlihatan kabur, lemah, kram, sakit kepala, diare, peningkatan produksi lendir, gemetar pada tangan dan kaki. pestisida yang masuk kedalam tubuh biasanya berasal dari sayur dan buah yang tidak di cuci terlebih dahulu.


Penanganan Keracunan Makanan
Penanganan pada penderita keracunan makanan adalah dengan mengganti cairan tubuh yang keluar (baik karena muntah maupun diare). seperti berupa minuman ataupun cairan infus. bila perlu, penderita dapat dibawa ke rumah sakit. hal ini tergantung dari berat nya gejala yang di derita, seperti terus muntah ketika di beri cairan pengganti.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menangani keracunan makanan :
  • pemberian obat anti muntah dan diare
  • pemberian obat penurun panas bila terjadi demam
  • bila keracunan karena jamur, sebaiknya segera hubungi ambulan.


Pencegahan
langkah - langkah berikut dapat mencegah terjadinya keracunan makanan.
  1. bersihkan makanan sebelum di makan
  2. pisahkan makanan yang sudah matang dengan makanan yang masih mentah
  3. pastikan lingkungan anda dan yang pasti dapur anda dalam keadaan higienis.
  4. simpan makanan pada tempat yang bersih dan jauh dari binatang (kecoa, lalat, tikus)
  5. jangan dekatkan makanan dengan makanan yang terlah basi (rusak). bila menemukan makanan yang telah basi, segera di buang
  6. pastikan makanan benar - benar dalam keadaan matang.
 ***
 
Daftar Pustaka

Catatan semester ini...

Lama sudah ga menulis di blog.. ga ada hal yang asik buat di ceritain. tapi memang ada banyak hal yang cukup berkesan. seperti kelulusan adik ku dan ketika aku berkunjung ke sekolah ku yang dulu. entri ini cuma catatan selama ketidak hadiran ku. ga penting - penting banget.

***
Beberapa bulan yang lalu adik ku mengikuti test di unlam banjarmasin. dia mengambil jurusan ilmu pemerintahan. di masa - masa test aku dan adik ku tinggal di rumah kami di banjarbaru. kota banjarbaru jaraknya lumayan jauh juga dari banjarmasin. sehingga ketika mau berangkat test kami menyiapkan diri 1 jam lebih awal. karena jadwal kuliah ku ga terlalu padat aku tidak terlalu keberatan untuk mengantarnya selama 3 hari untuk mengikuti test. lagi pula aku juga sudah terbiasa membolos kuliah, jadi aku santai aja.

Saat di unlam, rasanya terpesona juga dengan universitas negri.. luas banget. dan yang pasti lapangan parkirnya luas. gedung tempat adik ku test adalah gedung fakultas ekonomi. ketika adik ku tes, aku menghabiskan waktu untuk santai duduk di taman yang ada di halaman gedung. sepi, cuma aku yang duduk di sana. hanya ada beberapa pengawas yang lewat di depan kelas memonitoring keadaan. jadi teringat rasa ketika masih mengikuti test penerimaan mahasiswa. gugup rasanya,, rasanya tiap soal seperti tidak ada jawaban nya.

3 hari telah terlewati.. pelaksanaan test telah selesai. kini para calon mahasiswa cukup menyiapkan jantung mereka menunggu hasil yang akan keluar 1 bulan lagi.

***

Di bulan agustus tahun 2011.. tepat nya tanggal 7 hari minggu pagi.. aku sedang berada di muara teweh.. libur puasa satu bulan membuatku nyaman. bisa jalan - jalan keliling kampung halaman lagi. pagi itu sebenarnya aku mau pergi ke toko obat.. tapi pandangan ku teralihkan ketika melewati jalan temanggung surapati. yang ku pandangi adalah sekolah ku ketika masih sma. lalu aku belok dan mencoba jalan - jalan sebentar. saat itu sepi.. karna hari minggu. tidak ada guru atau siapa pun yang berada di sana. aku berkeliling melihat - lihat apa yang berubah..ternyata tidak terdapat banyak hal yang berbeda, paling semen lapangan dan tanaman hias nya saja. tapi yang paling ku incar adalah tempat - tempat favorit ku.. terutama pagar di dekat kopsis. aku biasa berdiri di tempat itu,, menghabiskan jam istirahat atau sekedar santai - santai saja. disana juga tempat aku melihat laba - laba yang pernah ku ceritakan di entri sebelum nya. sampai sekarang aku masih merasa ngeri.


 beberapa photo yang sempat ku ambil di smansa..

***
Tak banyak hal yang berubah,, aku jga tak begitu merasa ada yang beda sama sekali.. masih merasa seperti duduk di bangku sma. apa lagi adik ku yang baru saja lulus. tentu sekolah ini masih terasa segar di pikiran mereka. aku sadar kalau sebenarnya manusia perlu tumbuh tidak hanya dari fisiknya saja, tapi juga kedewasaan.. dan untuk menjadi dewasa kita harus melakukan hal seperti seseorang yang dewasa juga..

Sekarang adik ku telah menjadi mahasiswa ilmu pemerintahan. dan aku sendiri telah bekerja sambilan di sebuah warnet di banjarbaru, setidaknya untuk menambah penghasilan buat kuliah. dan aku sangat berharap ini bisa meringankan nafas ibuku walau hanya sekedar gaji operator warnet.

Jumat, 27 Mei 2011

Insomnia...

Awal aku kuliah di banjarbaru, aku sangat mudah mengontrol jam tidurku. terutama karena semangat kuliah ku yang masih membara. aku selalu ontime kuliah dan membuat kelelahan seharian. bahkan disaat aku masih belum mau tidur, sekali pikiran bilang "tidur" lalu tanpa pikir panjang aku segera memastikan pintu rumah terkunci, mematikan lampu, lalu menarik selimut seolah - olah aku di hipnotis. tapi setelah aku masuk semester 2, keadaan biologis tubuh ku berubah. sekarang jangan kan tidur, mengantuk saja susah sekali dicari.. tekanan dosen dan tugas - tugas nya membuat ku frustasi, mengambil jurusan gizi yang banyak praktek memasak adalah gangguan di pikiran ku, karena aku tidak bisa memasak. diluar itu aku sering salah mengatur pola makan. aku memakan apa saja yang mudah di dapat di warung terdekat seperti mie instan atau pun soda. aku pun sering merokok seiring pikiran ku yang sering di timpa beragam tekanan batin yang menyiksa. benar - benar ga teratur deh pokok nya..

Malam ini aku pastikan ga bakal mudah tertidur, pasti jam 1 atau jam 2 wita lagi. karena tadi siang aku tidur pulas banget gara - gara semalam ga sempurna tidurnya karena insomnia. sialnya, besok pagi ibuku datang lagi dan aku harus kuliah pagi. mana ada tugas anatomi lagi. jangan - jangan malam ini ga ada tidur samapai pagi. oh, jangan lagi.....

Padahal aku sudah mencoba obat tidur agar mudah mengantuk, tapi ga ada hasil. malah pengeluaran ku jadi tambah membengkak karena kebanyak membeli obat tidur. aku jadi kepikiran dengan orang - orang apakah mereka memiliki masalah yang sama dengan kondisi tidur..??

Aku membrowse tentang insomnia, dan kurasa dari penyebab insomnia pasti ada banyak orang punya masalah tidur. insomnia itu penyakit psikologis, tapi kena nya di fungsi biologis penderita. dimulai saat seseorang mengalami perubahan pola hidup karena tuntutan kehidupan manusia yang tumbuh dinamis seiiring waktu berjalan. dan karena cepatnya arus kehidupan ini banyak orang yang tidak sanggup dan akhirnya mempengaruhi pikirannya sendiri dan akhirnya depresi. yang bisa disebut orang - orang yang menderita insomnia adalah orang - orang yang mengalami kesulitan tidur secara berulang dan kesulitan untuk mempertahankan tidurnya.. selalu tidur pada jam yang tak seharusnya dan terjaga di jam yang tak seharusnya pula.

Penyebab - penyebab insomnia :
  • jet lag (berpergian ke suatu negara yang memiliki perbedaan waktu yang kontras, terutama ketika berpergian dari timur ke barat)
  • bekerja pada malam hari
  • jam kerja yang berubah - ubah
  • penggunaan alkohol
  • efek samping obat - obatan (kadang - kadang)
  • kerusakan pada otak

"Salah satu penyebab insomnia adalah bekerja pada malam hari..."


Tips buat penderita insomnia :
  • Olah raga yang teratur. hasil riset membuktikan bahwa dengan berolah raga dengan teratur dapat membantu orang - orang yang memiliki masalah dengan tidur. olah raga dilakukan sebaiknya dipagi hari dan bukannya beberapa menit sebelum tidur. dengan berolah raga dapat menjaga tubuh untuk tetap sehat dan dapat melawan stress dengan lebih baik.
  • Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. makanan yang terlalu banyak akan membuat perut menjadi tidak nyaman, sedangkan minum yang terlalu banyak akan membuat ada sering buang air kecil. tentu ini akan mengganggu konsentrasi anda untuk bisa tidur nyenyak.
  • Tidurlah dalam keaadaan yang nyaman. pastikan kamar anda bersih sebelum beranjak tidur, matikan lampu dan hal - hal yang menyebabkan suara seperti telepon genggam dan komputer, jauhkan pandangan yang memberikan kesan seperti di kantor ataupun kampus (kalau perlu photo pacar, orang tua, atau gambar - gambar yang saat ini sedang mengalami dilema dan menjadi sumber tekanan batin anda di lepas dari dinding kamar), karena hal ini akan membuat anda cemas sementara jam dinding kian larut.
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda tetap terjaga seperti teh, kopi, alkohol, dan rokok.
  • Makanlah makanan - makanan ringan yang mengandung karbohidrat, kalau perlu ditambah minum segelas susu hangat.
  • Mandilah dengan air hangat setengah jam atau satu jam sebelum tidur. mandi air hangat sebelum tidur dapat memberikan efek sedasi atau merangsang tidur. selain itu mandi air hangat dapat membuat tubuh lebih rileks.
  • Berhenti menonton tv, membaca buku, dan segala aktifitas rutin satu jam sebelum tidur.
  • Gunakan tempat tidur anda khusus untuk tidur. hal ini membantu tubuh anda untuk menyesuaikan diri dengan tempat tidur.
  • Melakukan aktivitas relaksasi secara rutin.
  • Jernihkan pikiran anda, enyahkan segala macam pikiran dengan berbicara kepada orang terdekat agar anda bisa menjadi lebih tenang atau menulis di blog (suggested).
  • Tidur di malam hari dan bangun di pagi hari. Jadwal tidur yang kacau akan memanjakan insomnia anda.
***

Itu yang bisa kutulis tentang insomnia, bila sakit berlanjut hubungi dokter..

:-)


Fun Pic :





Kamis, 26 Mei 2011

Malam dan cerita sepi...

"Selaras hati bersama bintang,, rembulan berpijar bagai api yang terbalut salju..
Malam mengantarkan ku pada cerita sepi,, yang berkisah sedih antara dua hati..
Hingga tenang ku hanyut,, menunggu panggilan mentari.."


By : Reza Adi Pratama..

Sebenarnya puisi ini ku tulis sudah lama sekali,, tapi ternyata masih ada di status facebook ku.. ga terlalu bagus memang,, tapi membacanya membuat ku nyaman.. dari pada hilang,, mending ku tulis di blog..

punya puisi yang bagus..?? kalo boleh aku baca kirimin aja ke email ku : reza.adipratama@ymail.com.

thanks vo reading... ^^

Sabtu, 30 April 2011

Matahari, bumi, dan makhluk hidup di dalam nya...

Pernah kah kamu berpikir mengapa banyak manusia memiliki perbedaan, terutama karena perbedaan fisik..?? aku pernah memikirkan perbedaan yang ada pada manusia.. terutama ketika teman ku pernah datang ke rumah. saat itu kami sedang santai setelah ngerjain tugas kelompok. lalu aku iseng menunjukin lengan ku. teman ku kaget dengan warna kulit ku yang kontras. warna lengan ku putih, beda dengan warna tangan ku yang gelap. aku jadi geli sendiri. aku bahkan mengganti nama akun Facebook ku menjadi skipper, karena skipper itu penguin, pinguin itu warnanya hitam putih, sama dengan warna kulit ku.

Warna kulit manusia itu di pengaruhi oleh radiasi sinar matahari yang mengenainya. kulit manusia akan meningkat kan jumlah melanin bila sering terkena sinar matahari, sehingga warna nya akan menjadi lebih gelap, agar manusia tersebut lebih tahan dengan panas yang ia terima. begitu juga bila manusia jarang terkena sinar matahari, maka kadar melanin di kulit nya akan menurun.

Matahari juga menyebabkan banyak perbedaan yang dramatis di bumi. kita bisa melihat dari lingkungan alam di dalam nya. seperti adanya gurun, hutan, savana, daerah kutub, dan lain - lain. dan adanya perbedaan ini juga mempengaruhi kehidupan makhluk hidup di dalamnya.

mau tau kelanjutan nya..?? ayo kita telusuri..


Rotasi bumi

Besar kecilnya intensitas cahaya matahari ke bumi di dipengaruhi oleh rotasi bumi. rotasi bumi adalah pergerakan bumi yang berputar dari barat ke timur. perputaran ini menciptakan siang dan malam. rotasi bumi memiliki sumbu yang terbentang dari utara ke selatan. rotasi bumi sendiri sebenarnya tidaklah tegak lurus, tetapi miring membentuk sudut 23,50 terhadap matahari. bagian kutub bumi adalah sisi yang paling jarang mendapat kan sinar matahari. sehingga kita dapat menemukan bagian yang membeku pada kedua sisi ini. dua daerah yang beku tersebut adalah samudra Artik pada kutub utara dan benua antartika pada kutub selatan. kehidupan yang dapat di temukan pada wilaya kutub adalah beruang kutub pada bagian utara dan penguin pada bagian selatan.

Revolusi bumi

Revolusi bumi adalah pergerakan bumi mengelilingi matahari. pergerakan ini mempengaruhi perbedaan lama siang dan malam dan juga musim. bagian bumi yang berada di luar garis 40 derajat lintang utara dan 40 derajat lintang selatan memiliki 4 musim. musim - musim tersebut adalah musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. pada daerah ini cahaya matahari masih sedikit diterima, sehingga rata - rata manusia yang tinggal di sana memiliki kulit pucat karena kurang nya pigmentasi kulit. mereka memiliki lapisan lemak yang tinggi untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan nya yang dingin.

Revolusi bumi tidaklah berbentuk bulat, melainkan berbentuk elips (bulat telur). ketika bumi berada pada posisi terdekat pada matahari, maka posisi ini di sebut perihelium. sedangkan posisi dimana bumi berada jauh dari matahari di sebut aphelium.

***

Adanya perbedaan intensitas cahaya matahari yang mengenai permukaan bumi, mempengaruhi ras - ras manusia dan kehidupan bioma yang ada di dalam nya. bioma adalah sekolompok hewan dan tumbuhan yang hidup di wilayah geografis tertentu. bioma sangat di pengaruhi oleh curah hujan dan besarnya panas matahari yang di terima. ada banyak jenis bioma, yaitu :


Bioma Tundra
Adalah suatu area dimana pertumbuhan pohon terhambat karena suhu yang rendah. bioma ini terdapat di sekitar lingkar Artik dan Greenland, serta di pulau - pulau kecil sekitar Antartika.

ciri - ciri daerah tundra adalah :
  1. hampir semua wilayahnya tertutup salju atau es
  2. memiliki musim dingin dan gelap yang panjang, dan musim panas dan terang yang panjang
  3. usia tanaman sangat pendek, yaitu sekitar 1 - 4 bulan saja
Vegetasi yang dapat tumbuh di daerah ini adalah tumbuhan semak seperti rumput teki dan lumut kerak dan semak - semak pendek. fauna yang hidup di dalamnya memiliki lapisan lemak dan bulu yang lebat. hal ini dikarenakan daerah yang sangat dingin. seperti rubah, burung hantu, elang, hewan - hewan pengerat, dan beruang kutup. mamalia darat berkaki empat lain nya yang tumbuh daerah tundra adalah muskox. daerah ini juga memiliki kehidupan hewan yang khas seperti beluga (paus putih) dan narwhal (paus bertanduk).

Bioma Taiga

Bioma taiga merupakan bioma yang terluas diantara semua bioma lain yang ada di bumi. bioma ini dapat ditemukan pada wilayah bumi utara seperti di Rusia dan Kanada.

Ciri - ciri daerah taiga adalah :
  1. memiliki musim dingin yang panjang, dan musim kemarau yang panas dan singkat.
  2. selama musim dingin, air tanah berubah menjadi es setebal 2 meter.
  3. jenis pepohonan sangat sedikit, biasanya hanya terdiri dari 2 - 3 jenis tumbuhan.
pepohonan yang tumbuh di daerah ini adalah pepohonan konifer. sehingga daerah ini juga sering di sebut sebagai hutan konifer. fauna yang hidup di daerah ini adalah rubah, beruang, dan serigala.

Bioma Padang Gurun

Bioma padang gurun merupakan bioma yang paling sedikit mendapatkan curah hujan. bioma gurun dianggap memiliki kemampuan yang kecil untuk mendukung kehidupan. bioma gurun terluas dimulai dari pantai atlantik di afrika hingga asia tengah.

Ciri - ciri daerah gurun adalah :

  1. curah hujan sangat rendah, dengan intensitas matahari yang tinggi.
  2. tingkat penguapan air lebih tinggi dari curah hujan.
  3. tumbuhan yang tumbuh biasanya tumbuhan yang memiliki daun yang kecil.
jenis fauna yang dapat hidup di daerah ini biasanya adalah unta, hewan - hewan pengerat, dan seranggga.

Bioma Padang Rumput/Stepa

Bioma ini terbentang dari wilayah tropika kewilayah subtropika yang curah hujan nya tidak cukup untuk perkembangan hutan. bioma stepa berbeda denga bioma savana. pada bioma savana, masih terdapat pohon - pohon besar yang jumlah nya tak banyak. sedangkan bioma stepa tidak dijumpai adanya nya pepohonan, kalau pun ada, jumlahnya sangat sedikit sekali. bioma ini dapat di jumpai di Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat, Argentina, dan Australia.

Ciri - ciri bioma stepa adalah :

  1. curah hujan tidak teratur.
  2. tanah tidak mampu menyimpan air.
  3. beberapa jenis rumput dapat tumbuh hingga 3 meter.
  4. memiliki pohon yang khas, yaitu akasia.
karena di tumbuhi oleh padang rumput, maka tempat ini hidup sejumlah hewan herbivora dan karnivora. seperti rusa, antelop, kerbau, kangguru, harimau, singa, dan ular.

Bioma Hutan Gugur

Bioma hutan gugur adalah bioma yang dimana pepohonan besar akan menggugurkan daun nya pada musim tertentu. bioma hutan gugur terdapat di wilayah beriklim sedang seperti di Amerika Serikat bagian timur, Benua Amerika bagian timur, dan kepulauan Inggris. bioma ini terbentuk karena hujan yang merata sepanjang tahun, memiliki 4 musim, dan memiliki keaneka ragaman tumbuhan dan hewan yang rendah dari pada bioma hutan tropis. hewan yang hidup di daerah ini adalah panda, anjing, racoon, dan beruang.

Bioma Hutan Hujan

Bioma hutan hujan atau yang biasa disebut bioma hutan tropis, adalah bioma yang selalu basah dan lembab. bioma ini dapat ditemui di sekitar garis khatulistiwa, yakni kurang lebih pada lintang 0 - 10 derajat ke utara dan selatan dari garis khatulistiwa. bioma ini hanya memiliki dua musim dan dianggap sebagai bioma yang paling mendukung kehidupan karena daerah ini mendapatkan sinar matahari dan curah hujan yang cukup sehingga terdapat banyak jenis hewan dan tumbuhan.

***

well,, itu aja yang bisa ku tulis. bila ada yang ingin menelusuri referensinya, klik aja pada gambar.. sorry ga bisa kasih semua,, lupa alamat web nya.. hehe...

have a nice day.. :-)

Rabu, 27 April 2011

Uts, dan perut yang lapar...

Seminggu ini kampus ku lagi ngadain ujian tengah semester. baru 3 hari berjalan aku sudah lemes.. soalnya aku ga ada belajar. tadi ujian yang di hadapi adalah matkul biologi manusia. lumayan sih susahnya, tapi beruntung aku di kasih contekan.. jadi selesai lebih cepat.

Pagi ini ga ada makan nasi.. laparr.. bahkan sudah 4 hari ini aku ga ada makan nasi. cuma makan snack dengan air mineral.. lumayan juga nih buat penghematan. setelah selesai ngerjain soal, masih ada waktu buat nungguin waktu pulang. teman - teman yang lain udah pada ribut semua.. aku yang kelaparan cuma nyanyi - nyanyi di kelas.. bertemakan "nasi", maklum lapar. tapi suara ku oke juga, ya suara orang kelaparan gitu.

Pas udah keluar dari kelas, aku langsung pulang. ngantuk banget. lalu aku tidur sampai tiga jam. bangun tidur kepikiran buat masak, tapi sayang ga ada lauk nya. minggu lalu ibu dan adik ku datang ke rumah, mereka tinggal selama 3 hari. asik banget pas mereka mengunjungi ku ke rumah, rumah ku yang berantakan kaya kapal pecah jadi rapi, makan pun teratur, lengkap lagi, ada ikan dan sayur. apalagi ketika mereka datang bawain rendang.. asik banget. hilang rindu yang menyesakan dada..

Tapi setelah mereka pulang, kehidupan ku di mulai lagi.. rumah yang sudah bersih mulai tampak berantakan kembali.. padahal hanya tiga hari mereka tinggal di rumah, aku seperti sudah lupa kebiasaan ku seperti apa.

Bicara soal uts, aku tidak terlalu mempermasalahkan susah nya, yang jadi persoalan apa aku sanggup menghadapi uts dengan perut lapar..?? mana di dompet cuma tinggal 50 ribu.. pengen juga hutang ma teman,, tapi rasanya ga bagus juga. terpaksa nih harus ekstra hemat sampai tanggal muda.. wah cape nih, jadi mahasiswa ilmu gizi kurang gizi.. hehe...

***

Selasa, 26 April 2011

Laba - laba... hiii........

Siapa yang senang dengan spiderman..?? aku yakin semua orang kenal dengan spiderman. super hero yang melompat dan berayun dari gedung ke gedung untuk membasmi kejahatan. bagi yang suka nonton spiderman, sempat kepikiran ga bagaimana jadinya kalo spiderman ketemu sama spiderwoman..?? wah bakal asik nih ceritanya.. apalagi kalo nonton sama pacar.. lengkap jadinya..

Tapi ada yang tau ga spiderman itu meniru binatang apa.. ?? laba - laba donk.. Siapa yang senang dengan laba-laba.. ?? banyak orang ngeri dengan makhluk yang satu ini. terutama karena bentuknya yang menggelikan, juga warna dan ukuran nya. aku sendiri yang suka dengan dunia satwa ngeri dengan makhluk berkaki delapan ini. bayangin aja, warna nya gelap, berbulu, bisa pada kelisera, punya kaki empat pasang, ukuranya gede lagi.. hii.. serem pokok nya.

Aku sendiri sudah lama jadi pengidap arachnophobia. ketika lagi menulis entri ini, badan ini rasanya serba salah.. selalu mengira ada laba - laba besar nempel di punggung. jadi sering kaget - kaget sendiri. Dulu pas masih duduk di kelas 3 sma, aku pernah di tunjukin sarang laba - laba sama teman. sarang nya lebar, luas terhubung pada setiap dahan pohon. yang punya sarang ga gede - gede banget, tapi kaki nya panjang - panjang, warna nya juga menyeramkan, isyarat makhluk itu berbahaya.. setelah itu aku jadi terlihat seperti orang tremor, gemetaran.. teman ku malah ketawa semua. tapi bagaimanapun, yang namanya pencinta satwa ga pernah ada niat buat ngebunuh binatang, setiap makhluk ada fungsinya dalam ekosistem, termasuk juga laba - laba..

Beberapa hari yang lalu, aku sempat menonton berita tentang laba - laba aneh di Desa Gembongan, Kecamatan Mojokerto. laba - laba itu tampak seperti kepiting. sehingga laba - laba ini sering disebut laba - laba kepiting. laba - laba kepiting yang memiliki nama latin Gasteracantha cancriformis ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, hanya sekitar 5 - 9 mm dan lebar sekitar 10 - 13 mm untuk ukuran betina. dan yang jantan ukuran nya lebih kecil lagi. memiliki kaki - kaki hitam dengan bintik - bintik putih pada bagian abdomen. laba - laba ini sebenarnya lebih banyak di temukan di benua amerika dan kepulauan filipina, tapi aku jadi bingung mengapa laba - laba ini baru nampak di indonesia.

laba - laba yang berumur pendek ini sering di temukan di hutan dan kebun semak. dan dari sebuah sumber mengatakan laba - laba ini juga dapat di temukan pada tanaman kaktus.

***

Di dalam ilmu taksonomi, laba - laba digolongkan dalam kelas arthopoda, ordo arachnoida, bersamaan dengan kalajengking dan tungau. di dalam ekosistem, laba - laba merupakan makhluk predator. mereka memangsa makhluk lain yang biasanya berupa serangga dan bahkan juga burung - burung kecil, seperti laba - laba Golden Orb Weaver dari Queensland, Australia.

Mereka memiliki Kelisera yang berfungsi sebagai penangkap dan meracuni mangsa. beberapa laba - laba membuat jaring untuk menangkap mangsa. ketika mangsa menyentuh permukaan jaring yang lengket, maka ia akan terjerat. lalu kedelapan kaki laba - laba yang sensitif akan segera merasakan getaran yang di buat oleh korban nya dan segera bergerak untuk membungkus mangsa yang terjerat hingga tampak seperti kokon. lalu ia akan dibiarkan menggantung begitu saja hingga mati. mangsa nya yang sudah tertangkap biasanya dijadikan bekal makanan saat di butuhkan, terutama untuk anak - anak nya. bahkan itu saja tidak cukup, beberapa spesies laba - laba akan membiarkan dirinya mati setelah anak - anaknya lahir karena ia di makan oleh keturunan nya sendiri. sedangkan yang jantan telah dimakan terlebih dahulu oleh yang betina setelah proses perkawinan (jadi kepikiran gimana jadinya kalo spiderman ketemu dengan spiderwoman..). laba - laba pengrajut jaring terbesar adalah laba - laba kulit darwin yang hidup di Madagaskar dan Afrika.

Tidak semua laba - laba membuat jaring, tapi semua laba - laba mampu membuat benang sutra. dan biasanya laba - laba yang tidak membuat jaring ini berukuran kecil dan hidup dengan mengendap - endap pada rerumputan dan di sela - sela rumah.

Walaupun memiliki tampilan dan gaya hidup yang menakutkan, laba - laba memberikan keuntungan bagi manusia, dan ekosistem tempat ia tinggal pada umum nya. laba laba dapat berguna pada bidang pertanian dan perkebunan karena mereka menjadi predator hama. seperti laba - laba pelompat dan laba - laba kepiting raksasa.

***

jadi gimana ni..?? makin senang ga sama laba - laba..?? mereka sahabat petani lho.. dan negara kita negara agraris.. hehe.. tetap aja ya terasa seram.. hii...

Galeri

laba - laba pemangsa burung yang sempat di abadikan dengan kamera.


laba - laba Golder Orb Weaver sedang menangkap burung Chestnut-Breasted-Mannikin yang tidak sengaja terjerat di jaring nya. menurut Joel Shakespeare, kepala penjaga laba - laba di Australian Reptile Park mengatakan ini merupakan kejadian langka. karena biasanya, laba - laba ini hanya menangkap serangga - serangga besar, bukan burung.

***

laba - laba dengan bentuk dan warna terunik :

ini yang ku temukan di kaskus.com, ku ambil yang bagus - bagusnya aja..


the horned spider (Gasteracantha arcuata)

the arrow-shaped micrathena spider (Micrathena sagitata)

the jumping peacock spider (Maratus volans)