Selasa, 25 Oktober 2011

Penyakit di musim hujan...

Dari minggu lalu langit kota banjarbaru sering diselimuti mendung dan hujan yang lebat.. apalagi bila sudah pukul 2 - 4 wita,, pasti hujan.. ga salah lagi sekarang sudah masuk musim pancaroba. di saat seperti ini beragam penyakit musiman mulai banyak bermunculan.. aku sendiri saat ini sedang terkena flu.. ga parah,, hanya mengganggu. ini gara - gara kehujanan di jalan. tapi aku yakin sakitnya ga lama. tapi tidak hanya aku sendiri,, beberapa temanku dikelas ketika praktek IBM tadi pagi juga terlihat rada pucat.. beberapanya juga ada bersin - bersin. satu indikator mulai ada gejala penyakit musiman.

Bicara soal peralihan musim,, saya sebagai mahasiswa kesehatan pasti bakal membahas penyakit musiman. oke kalau begitu mari kita telusuri penyakit yang muncul pada musim pancaroba dan musim hujan.


Demam Berdarah
Demam berdarah ditularkan melalui nyamuk aides aegepty. pada umumnya gejala yang muncul karena gigitan nyamuk ini adalah :
  1. sakit kepala yang hebat
  2. pening di sekitar mata
  3. rasa nyeri pada otot dan persendian
  4. keinginan untuk muntah
Diare
Ada banyak penyebab dari diare, namun yang biasa terjadi pada musim hujan adalah diare yang diakibatkan karena infeksi bakteri. hal ini terjadi karena kurang nya kebersihan pada tempat - tempat sanitasi. musim hujan sebagai musim yang paling basah mendukung penyebaran bakteri penyebab diare.

Demam
Demam bukanlah suatu penyakit melainkan suatu bentuk pertahanan dari sistim kekebalan tubuh yang bertujuan untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit seperti infeksi bakteri,, parasit,, perubahan suhu lingkungan,, dll.. tanda - tanda demam adalah sebagai berikut :
  1. sakit kepala,, leher dan pundak terasa tidak nyaman,, perasaan bingung
  2. saat buang air kecil terasa panas
  3. nafas pendek dan sering batuk
  4. sakit pada daerah tertentu dan terjadi peradangan
Flu
Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. flu menular melewati udara dan media yang disentuh oleh penderita. ciri khas dari flu adalah :
  1. sakit kepala
  2. lemas dan lelah luar biasa
  3. gejala demam
  4. sakit pada otot
  5. sering menggigil karena perubahan suhu tubuh

Beberapa tips untuk menghindari penyakit di musim hujan :

Mencuci tangan
Sebagian besar virus flu menyebar melewati kontak langsung,, maka sebaiknya kita lebih sering mencuci tangan. terutama setelah berinteraksi dengan penderita penyakit tsb. usahakan untuk tidak menyentuh wajah karena umumnya virus influenza masuk ke tubuh melewati mata,, mulut,, dan saluran nafas.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi
Penyebaran penyakit pada musim hujan biasanya sangat cepat. maka di butuhkan daya tahan yang baik untuk melindungi diri dari serangan dari luar. makanan yang dianjurkan untuk menambah kekebalan tubuh adalah buah,, sayur,, dan susu. perlu diperhatikan juga masalah pengelolahan makanan dan asal makanan yang kita makanan, sehingga kita perlu menghindari makanan yang berasal dari sembarang tempat yang tidak jelas tingkat kebersihannya.

Menjaga kebersihan
Pastikan lingkungan sekitar rumah bersih. beberapa virus penyebab diare seperti Cholera dkk biasanya mudah menyebar pada lingkungan yang kotor. genangan air bisa saja menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebar demam berdarah.

Menjaga kebersihan rumah
Rumah wajib di perhatikan kebersihan nya karena nyamuk penyebar penyakit demam berdarah bisa saja bersarang pada sudut - sudut rumah yang gelap. pastikan kamar dalam keadaan rapi dan tidur menggunakan obat anti nyamuk ataupun kelambu.

Menggunakan alas kaki
Bila kita berjalan pada tanah yang becek,, ada kemungkinan larva cacing masuk melewati kulit kaki. sehingga wajib untuk menggunakan sandal pada saat berjalan pada lingkungan yang basah.

Mengkonsumsi tambahan suplemen
Untuk menjaga agar tubuh tetap fit,, maka tambahan suplemen bisa menyempurnakan kondisi tubuh anda. disarankan juga untuk memiliki oralit di rumah.

Mandi tidak pada malam ataupun siang hari
Salah satu penyebab demam adalah perubahan suhu yang berasal dari luar tubuh. mandi pada waktu yang salah dapat membuat tubuh berjaga - jaga sehingga bisa memicu demam.

***

Hanya bisa sedikit yang bisa ku tulis malam ini.. badan ku lagi lemas nih.. mau cepat - cepat pulang.. lagi dingin di luar... bila mau baca lebih,, klik aja link sumber di bawah halaman... at last,, thanks all vo reading.. and have a better monsoon..

haatssimm... X-(


***

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar