Senin, 24 Oktober 2011

Awas junk food...!!!

Ketika aku mengunjungi beberapa situs tentang jenis - jenis pangan untuk kebutuhan tugas kuliah,, aku sempat membaca beberapa artikel mengenai junk food. Junk food atau disebut juga makanan nirnutrisi adalah istilah yang di tujukan untuk makanan yang mengandung sedikit zat gizi tapi mengandung lemak yang besar. makanan ini antara lain adalah makanan yang biasanya tersaji pada berbagai produk fast food dan minuman - minuman bersoda. sebenarnya fast food tidak sama dengan junk food, hanya saja fast food memberikan efek buruk bila di konsumsi secara berlebihan. ada banyak jenis makanan junk food lain nya, berikut 10 besar jenis - jenis makanan yang termasuk dalam kategori makanan junk food :

Makanan gorengan
Makanan gorengan adalah makanan yang produksinya menggunakan minyak goreng sebagai media penggorengan. makanan ini biasanya mengandung kadar kalori yang tinggi dan bila di konsumsi secara terus menerus akan mengakibatkan obesitas. makanan gorengan yang biasanya menjadi jajanan pasar atau jajanan yang banyak di sajikan di warung makan kebanyakan digoreng dengan menggunakan minyak jelantah atau minyak goreng yang pemakaian nya lebih dari 2 kali. minyak jelah yang seharusnya merupakan minyak bekas tidak dapat dipakai lagi  untuk kebutuhan produksi pangan karena bersifat kersinogen (penyebab kanker). namun hal ini banyak diabaikan oleh pihak pengelola makanan dengan alasan lebih ekonomis.

Makanan kaleng
Makanan yang tersedia dalam bentuk kalengan,, baik buah maupun daging kaleng telah banyak mengalami kerusakan gizi baik kualitas maupun kuantitasnya. protein pada makanan kaleng banyak yang rusak sehingga reabsorpsi nya diperlambat. pada buah kalengan berkadar gula tinggi banyak diasup kedalam tubuh dalam bentuk cair sehingga sangat mudah diserap oleh tubuh. hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan memberatkan kinerja pankreas. bersamaan dengan kandungan kalori nya yang tinggi bisa menyebabkan obesitas.

Makanan asinan
Dalam pengasinan makanan dibutuhkan penggunaan garam dalam jumlah besar, yang bisa menyebabkan kandungan garam pada makanan tersebut melebihi batas. hal ini bisa menyebabkan hipertensi dan mengganggu ginjal. terlebih pada penggunaan amonium nitrit yang bisa menyebabkan kanker hidung dan tenggorokan. bagi orang - orang yang mengkonsumsi makanan asinan secara kontinyu dapat mengakibatkan radang lambung dan usus.

Makanan daging yang diproses (Ham, Sosis, Dll)
Makanan yang termasuk kedalam jenis makanan tersebut menganding garam nitrit yang bisa memicu kanker. adanya zat pewarna pada makanan tersebut dapat membebani lever. juga dapat menggangu ginjal dan tekanan darah.

Makanan dari daging berlemak dan jerohan
Walaupun mengandung kandungan gizi yang baik, tapi makanan ini juga dapat mengakibatkan penyakit jantung karena adanya lemak jenuh dan kolesterol. mengkonsumsi daging jeroan dalam jumlah besar dan waktu yang lama dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner dan tumor ganas, kanker, dll.

Olahan keju
Konsumsi makanan hasil olahan keju seperti kue yang menggunakan keju dapat mengakibatkan penambahan berat badan dan meningginya gula darah. pada kue yang menggunakan keju dan telur dapat mengakibatkan kurangnya gairah makan.

Mi instant
Makanan ini merupakan makanan yang tinggi karbohidrat gan garam namun rendah nutrisi. makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi seperti mi instan dapat memberatkan kinerja ginjal, meningkatkan tekanan darah dan mengganggu pembuluh darah jantung.

Makanan yang dipanggang/dibakar
Makanan yang dipanggang mengandung banyak atom karbon yang bila dimasukan secara massal kedalam tubuh dapat bersifat karsinogenik atau pemicu kanker.

Makanan manis beku
Makanan ini bila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan obesitas. kadar gula yang tinggi dapat menurunkan nafsu makan dan rendahnya temperatur busa mempengaruhi usus.

Manisan kering
Manisan ini mengandung garam nitrat yang bila bergabung dengan ammonium yang ada di dalam tubuh maka dapat menghasilkan zat karsinogenik. seperti bahaya penggunaan garam nitrat umum nya makanan ini memberatkan fungsi ginjal dan meningkatkat tekanan darah tinggi.

Minuman bersoda
Minuman bersoda umumnya mengandung kadar gula yang tinggi sehingga minuman bersoda dapat menimbulkan penyakit diabetes.

Berikut tips agar terhindar dari resiko yang ditawarkan junk food :

Sarapan yang tepat
Mulailah hari dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. seperti makanan yang mengandung serat tinggi (sayuran hijau), susu rendah lemak, maupun jus buah. tubuh yang mengkonsumsi makanan kaya serat akan menyerap zat - zat nutrisi secara lambat, sehingga dapat menunda rasa lapar dan keinginan untuk mengkonsumsi makanan ekstra bisa di hindari.

Hindari kulit pada fried chicken
Ketika mengkonsumsi makanan fast food seperti fried chicken (ayam goreng), sebaiknya kulit di pisah dari daging dan tidak dimakan. karena adanya kandungan lemak jenuh dan kolesterol.

Pilih makanan yang disajikan dengan nasi
Bila berniat mengkonsumsi makanan cepat saji,, pilihlah makanan yang dimakan bersama nasi. seperti ayam goreng, dll.

Makan dalam porsi kecil
Bila tidak sanggup untuk menahan diri mengkonsumsi makanan junk food, maka cobalah untuk membeli dalam porsi kecil.

Mulailah berolahraga
Berolahraga dapat menggunakan energi yang tersimpan dalam tubuh. sehingga penumpukan bisa dikurangi.

***

Yang paling penting dalam mengkonsumsi kebutuhan pangan,, baik junk food maupun tidak adalah jangan mengkonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan.. karena bagaimanapun segala macam hal yang berlebihan tidak akan menghasilkan hal yang baik.

Demikian entri kali ini mengenai junk food.. mudahan sedikitnya bisa menambah pengetahuan...


^^

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar