Senin, 14 November 2011

Manis nya hidup rendah gula...

Dari kecil aku memang ga bisa lepas dari makanan - makanan manis. tiap kali pulang kuliah, pasti singgah ke warung buat beli snack seperti soda,, wafer,, macam2.. mau banget bisa hidup ga ketergantungan kaya gini. aku sendiri ga tau kenapa bisa begitu kecanduan. apalagi kalo di bawa membaca atau browsing di warnet,, pasti ada sebotol Pepsi dan ditambah LA menthol (bukan gula,, tapi ga bagus aja..). ga terasa lengkap kalo ga ada mereka.

Untuk kesehatan aku sih baik - baik saja.. malahan aku bingung mengapa aku bisa begitu kurus mengingat konsumsi karbohidrat dan glukosa ku lumayan besar. memang sih ya masalah berat tinggi dan ukuran badan seseorang itu banyak dipengaruhi faktor turunan.. tapi faktor nya ga cuma pada gen aja.. ga mustahil bila ada seseorang punya proporsi tubuh yang berbeda dengan orang tua nya.. entah mungkin lebih tinggi atau lebih besar..

Sebelum saya lari ke pembahasan yang lain, ayo kita langsung bahas ke gula nya aja.. =_='

Gula yang biasanya digunakan dalam beragam cemilan makanan dan minuman memiliki potensi untuk mengganggu kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan. menurut para pakar, konsumsi gula dalam sehari cukup sekitar 8 sendok teh. bila dikonsumsi berlebih maka sudah dapat disebut racun.

7 gangguan kesehatan yang bakal terjadi :
  1. Gula darah yang tinggi bisa menurunkan pertahanan tubuh terhadap luka yang diakibatkan karena infeksi.
  2. Gula dapat mengganggu mineral di dalam tubuh. mengakibatkan kekurangan kromium dan tembaga serta mengganggu penyerapan kalsium dan magnesium.
  3. Gula mengakibatkan peningkatan hormon andrenalin secara drastis. hal ini bisa mengakibatkan sikap hiperaktif, kecemasan, susah untuk berkonsenterasi, dll.
  4. Gula dapat mengakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah.
  5. Gula dapat memperlemah penglihatan.
  6. Gula dapat menyebabkan masalah pada saluran pencernaan. contohnya : saluran cerna yang asam, salah cerna (indigestion), kegagalan penyerapan pada usus besar, peningkatan resiko penyakit kronis dan kolitis disertai luka.
  7. Gula dapat meningkatkan ukuran hati dan jumlah lemak pada hati.
Demikian entri pendek yang ku tulis kali ini.. mudahan bermanfaat aja buat semuanya..

***
Tambahan
Didalam tubuh terdapat mineral yang merupakan jenis zat gizi mikro. termasuk didalamnya kromium, tembaga, dan magnesium. berikut peranannya :
  • kromium atau krom membantu meningkatkan efektivitas hormon insulin, yang membawa glokusa dari darah ke sel - sel tubuh anda untuk diubah menjadi energi.
  • tembaga membantu penyerapan besi (ferum) sehingga membantu mensintesis sel darah merah.
  • magnesium berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung, ginjal, dan otot.

Hormon andrenalin berfungsi untuk menungkatkan reaksi terhadap tekanan dan kecepatan gerak tubuh. tak hanya pada gerakan, hormon ini juga bereaksi thd lingkungan seperti suara dan cahaya. reaksi yangkita rasakan adalah detak jantung yang meningkat.

Kolitis adalah suatu peradangan akut pada kolon.

***
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar