Sabtu, 30 April 2011

Matahari, bumi, dan makhluk hidup di dalam nya...

Pernah kah kamu berpikir mengapa banyak manusia memiliki perbedaan, terutama karena perbedaan fisik..?? aku pernah memikirkan perbedaan yang ada pada manusia.. terutama ketika teman ku pernah datang ke rumah. saat itu kami sedang santai setelah ngerjain tugas kelompok. lalu aku iseng menunjukin lengan ku. teman ku kaget dengan warna kulit ku yang kontras. warna lengan ku putih, beda dengan warna tangan ku yang gelap. aku jadi geli sendiri. aku bahkan mengganti nama akun Facebook ku menjadi skipper, karena skipper itu penguin, pinguin itu warnanya hitam putih, sama dengan warna kulit ku.

Warna kulit manusia itu di pengaruhi oleh radiasi sinar matahari yang mengenainya. kulit manusia akan meningkat kan jumlah melanin bila sering terkena sinar matahari, sehingga warna nya akan menjadi lebih gelap, agar manusia tersebut lebih tahan dengan panas yang ia terima. begitu juga bila manusia jarang terkena sinar matahari, maka kadar melanin di kulit nya akan menurun.

Matahari juga menyebabkan banyak perbedaan yang dramatis di bumi. kita bisa melihat dari lingkungan alam di dalam nya. seperti adanya gurun, hutan, savana, daerah kutub, dan lain - lain. dan adanya perbedaan ini juga mempengaruhi kehidupan makhluk hidup di dalamnya.

mau tau kelanjutan nya..?? ayo kita telusuri..


Rotasi bumi

Besar kecilnya intensitas cahaya matahari ke bumi di dipengaruhi oleh rotasi bumi. rotasi bumi adalah pergerakan bumi yang berputar dari barat ke timur. perputaran ini menciptakan siang dan malam. rotasi bumi memiliki sumbu yang terbentang dari utara ke selatan. rotasi bumi sendiri sebenarnya tidaklah tegak lurus, tetapi miring membentuk sudut 23,50 terhadap matahari. bagian kutub bumi adalah sisi yang paling jarang mendapat kan sinar matahari. sehingga kita dapat menemukan bagian yang membeku pada kedua sisi ini. dua daerah yang beku tersebut adalah samudra Artik pada kutub utara dan benua antartika pada kutub selatan. kehidupan yang dapat di temukan pada wilaya kutub adalah beruang kutub pada bagian utara dan penguin pada bagian selatan.

Revolusi bumi

Revolusi bumi adalah pergerakan bumi mengelilingi matahari. pergerakan ini mempengaruhi perbedaan lama siang dan malam dan juga musim. bagian bumi yang berada di luar garis 40 derajat lintang utara dan 40 derajat lintang selatan memiliki 4 musim. musim - musim tersebut adalah musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. pada daerah ini cahaya matahari masih sedikit diterima, sehingga rata - rata manusia yang tinggal di sana memiliki kulit pucat karena kurang nya pigmentasi kulit. mereka memiliki lapisan lemak yang tinggi untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan nya yang dingin.

Revolusi bumi tidaklah berbentuk bulat, melainkan berbentuk elips (bulat telur). ketika bumi berada pada posisi terdekat pada matahari, maka posisi ini di sebut perihelium. sedangkan posisi dimana bumi berada jauh dari matahari di sebut aphelium.

***

Adanya perbedaan intensitas cahaya matahari yang mengenai permukaan bumi, mempengaruhi ras - ras manusia dan kehidupan bioma yang ada di dalam nya. bioma adalah sekolompok hewan dan tumbuhan yang hidup di wilayah geografis tertentu. bioma sangat di pengaruhi oleh curah hujan dan besarnya panas matahari yang di terima. ada banyak jenis bioma, yaitu :


Bioma Tundra
Adalah suatu area dimana pertumbuhan pohon terhambat karena suhu yang rendah. bioma ini terdapat di sekitar lingkar Artik dan Greenland, serta di pulau - pulau kecil sekitar Antartika.

ciri - ciri daerah tundra adalah :
  1. hampir semua wilayahnya tertutup salju atau es
  2. memiliki musim dingin dan gelap yang panjang, dan musim panas dan terang yang panjang
  3. usia tanaman sangat pendek, yaitu sekitar 1 - 4 bulan saja
Vegetasi yang dapat tumbuh di daerah ini adalah tumbuhan semak seperti rumput teki dan lumut kerak dan semak - semak pendek. fauna yang hidup di dalamnya memiliki lapisan lemak dan bulu yang lebat. hal ini dikarenakan daerah yang sangat dingin. seperti rubah, burung hantu, elang, hewan - hewan pengerat, dan beruang kutup. mamalia darat berkaki empat lain nya yang tumbuh daerah tundra adalah muskox. daerah ini juga memiliki kehidupan hewan yang khas seperti beluga (paus putih) dan narwhal (paus bertanduk).

Bioma Taiga

Bioma taiga merupakan bioma yang terluas diantara semua bioma lain yang ada di bumi. bioma ini dapat ditemukan pada wilayah bumi utara seperti di Rusia dan Kanada.

Ciri - ciri daerah taiga adalah :
  1. memiliki musim dingin yang panjang, dan musim kemarau yang panas dan singkat.
  2. selama musim dingin, air tanah berubah menjadi es setebal 2 meter.
  3. jenis pepohonan sangat sedikit, biasanya hanya terdiri dari 2 - 3 jenis tumbuhan.
pepohonan yang tumbuh di daerah ini adalah pepohonan konifer. sehingga daerah ini juga sering di sebut sebagai hutan konifer. fauna yang hidup di daerah ini adalah rubah, beruang, dan serigala.

Bioma Padang Gurun

Bioma padang gurun merupakan bioma yang paling sedikit mendapatkan curah hujan. bioma gurun dianggap memiliki kemampuan yang kecil untuk mendukung kehidupan. bioma gurun terluas dimulai dari pantai atlantik di afrika hingga asia tengah.

Ciri - ciri daerah gurun adalah :

  1. curah hujan sangat rendah, dengan intensitas matahari yang tinggi.
  2. tingkat penguapan air lebih tinggi dari curah hujan.
  3. tumbuhan yang tumbuh biasanya tumbuhan yang memiliki daun yang kecil.
jenis fauna yang dapat hidup di daerah ini biasanya adalah unta, hewan - hewan pengerat, dan seranggga.

Bioma Padang Rumput/Stepa

Bioma ini terbentang dari wilayah tropika kewilayah subtropika yang curah hujan nya tidak cukup untuk perkembangan hutan. bioma stepa berbeda denga bioma savana. pada bioma savana, masih terdapat pohon - pohon besar yang jumlah nya tak banyak. sedangkan bioma stepa tidak dijumpai adanya nya pepohonan, kalau pun ada, jumlahnya sangat sedikit sekali. bioma ini dapat di jumpai di Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat, Argentina, dan Australia.

Ciri - ciri bioma stepa adalah :

  1. curah hujan tidak teratur.
  2. tanah tidak mampu menyimpan air.
  3. beberapa jenis rumput dapat tumbuh hingga 3 meter.
  4. memiliki pohon yang khas, yaitu akasia.
karena di tumbuhi oleh padang rumput, maka tempat ini hidup sejumlah hewan herbivora dan karnivora. seperti rusa, antelop, kerbau, kangguru, harimau, singa, dan ular.

Bioma Hutan Gugur

Bioma hutan gugur adalah bioma yang dimana pepohonan besar akan menggugurkan daun nya pada musim tertentu. bioma hutan gugur terdapat di wilayah beriklim sedang seperti di Amerika Serikat bagian timur, Benua Amerika bagian timur, dan kepulauan Inggris. bioma ini terbentuk karena hujan yang merata sepanjang tahun, memiliki 4 musim, dan memiliki keaneka ragaman tumbuhan dan hewan yang rendah dari pada bioma hutan tropis. hewan yang hidup di daerah ini adalah panda, anjing, racoon, dan beruang.

Bioma Hutan Hujan

Bioma hutan hujan atau yang biasa disebut bioma hutan tropis, adalah bioma yang selalu basah dan lembab. bioma ini dapat ditemui di sekitar garis khatulistiwa, yakni kurang lebih pada lintang 0 - 10 derajat ke utara dan selatan dari garis khatulistiwa. bioma ini hanya memiliki dua musim dan dianggap sebagai bioma yang paling mendukung kehidupan karena daerah ini mendapatkan sinar matahari dan curah hujan yang cukup sehingga terdapat banyak jenis hewan dan tumbuhan.

***

well,, itu aja yang bisa ku tulis. bila ada yang ingin menelusuri referensinya, klik aja pada gambar.. sorry ga bisa kasih semua,, lupa alamat web nya.. hehe...

have a nice day.. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar