Selasa, 06 November 2012

Spirit - MER - A

Asik buka - buka youtube, akhirnya aku menemukan sebuah robot antariksa bernama Spirit. Spirit adalah sebuah rover, ia adalah 1 dari 2 rover yang dikirim untuk melakukan observasi di planet Mars. Mars Exploration Rover atau yang disingkat MER adalah sebuah program pengiriman rover (space exploration vehicle) ke Mars untuk eksplorasi dan penelitian. MER adalah rover yang bergerak secara robotik yang berarti tidak perlu adanya kontrol dari bumi. hal ini dikarenakan pengalaman sebelumnya dari program Rusia Mars 3 yang gagal karena masalah komunikasi.

Misi Spirit adalah :
  1. mencari dan memilah jenis bebatuan yang ada di Mars yang mungkin pernah menyimpan jejak air dalam jumlah besar. kita semua tau bahwa terbentuknya sungai adalah karena adanya aliran dari air yang mengalir dari dataran yang lebih tinggi menuju tempat yang lebih rendah.. aliran tersebut membuat erosi di sekitar tanah atau bebatuan sehingga membentuk suatu motif atau bentuk yang lebih khas.. kemudian partikel dari batuan yang tererosi akan mengalir dan mengendap bersama lumpur sehingga lama - kelamaan akan membentuk jenis batuan baru (yang perlahan lahan akan membentuk lapisan tanah yang berbeda/sendimen). karena itulah rover wajib untuk mengoleksi jenis batuan yang ia temukan. karena tiap batuan menyimpan sejarah akan bentuk permukaan dari sebuah wilayah planet. apakah pernah dialiri oleh air, tumbuhan, atau mungkin hanya erosi karena pengaruh suhu dan angin.
  2. Menentukan komposisi dari mineral, batu, dan tanah disekitar area pendaratan.
  3. melakukan pengujian dan kelayakan instrumen yang digunakan oleh Rover. ini untuk membantu untuk menentukan ketepatan dan akurasi dari instrument tersebut dan untuk membantu perkembangan teknologi berikutnya.
  4. mencari mineral yang mengandung logam seperti besi.
  5. mengkarakteristik kandungan mineral dan tekstur dari bebatuan dan tanah dan menentukan proses alam yang membentuk mereka.
  6. mencari jejak geologi berdasarkan keadaan lingkungan yang memperkuat bukti akan adanya kehadiran air.
  7. mempelajari apakan keadaan alam tersebut cukup kondusif untuk kehidupan.
  8. mempelajari proses geologi yang terjadi seperti erosi, sendimen (lapisan tanah), aktivitas vulkanik, dan kawah
Setelah keberhasilan Spirit mendarat di permukaan Mars pada tanggal 4 januari 2004, Spirit telah berhasil menjelajahi permukaan Mars dengan baik hingga akhirnya misi ditutup pada tahun 2011. pihak bumi kehilangan komunikasi dengan Spirit dikarenakan banyaknya kritikal pada instrumen yang dialami oleh Spirit.hingga akhirnya Opportunity menggantikan Spirit dalam menjalankan misi.
Walaupun selama 7 tahun eksplorasi, pihak peneliti masih belum bisa menemukan tanda - tanda ada tidaknya kehidupan di planet merah ini. tapi setidaknya data yang telah diterima akan menjadi aset yang berharga untuk penelitian planet itu sendiri.

Mau masih nulis tentang bagaimana Spirit mendapat pasokan energy dan juga Opportunity,, dan rover lainnya.. tapi capek nih,, lapar.. nanti kalau udah balikdi lanjutin lagi... see you guys....

***

a life form has found on Mars..!! watch..!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar