Minggu, 04 November 2012

Mati lampu......

Mati lampu.. belakangan sering sekali ini terjadi. ketika sedang sibuk di depan laptop,, listrik malah ga nyala.. lama lagi. tugas kuliah yang ku kerjakan malah jadi ga konsen karena kepikiran batrai yang mau drop. mengganggu banget. dirumah gelap - gelap.. bosan.. aku bukan pribadi yang mudah sabar.. 15 menit rasanya seperti sudah 1 jam. sekali mati lampu bisa 1 setengah jam lamanya. pernah ada pemadaman hingga 4 jam.. ketika lampu sudah hidup,, hujan deras lagi... mati lampu lagi.. bengong lagi sampai jam 10 malam..

Sering kubaca dari status yang mucul di facebook, rata - rata banyak yang mengeluh dengan pemadaman listrik. mereka yang sedang belajar jadi terganggu, mereka jadi memilih untuk tidur dari pada mengerjakan tugas yang hanya ditemani oleh lilin. anak - anak banyak yang ketakutan (bahkan dirumahnya sendiri) karena resiko aktivitas kriminal dan lainnya.


Saat ini memang sudah jarang terjadi pemadaman listik.. bagus aja. cuma tetap saja bikin kesal. seharusnya pihak PLN memberikan informasi kapan akan terjadi pemadaman bergilir. karena listrik adalah pendukung kehidupan masyakat. ketika masyarakat mengetahui kapan terjadi pemadaman listrik maka pekerjaan mereka bisa di selesaikan dari awal. apa gunanya internet atau radio bila bukan untuk memberikan informasi..

Dampak yang buruk dari pemadaman listrik adalah :
  1. Menggangu aktifitas ekonomi (industri, perdagangan, dll)
  2. Semangat belajar siswa dan mahasiswa berkurang
  3. Kebakaran (kemungkinan besar terjadi saat pemadaman listrik di malam hari
  4. Aktifitas kriminal meningkat
  5. Resiko akan kerusakan mesin (komputer, tv, mesin cash, alat - alat produksi dalam perindustrian dll yang otomatis dapat mangakibatkan kerugian)
Dampak yang lebih buruk lagi :
  1. Berkurang hingga hilangnya kepercayaan konsumen terhadap  pelaku ekonomi
  2. Bahaya dalam dunia kesehatan (banyak alat kedokteran yang membutuhkan listrik dalam pengoperasiannya. seandainya ada pasien yang mengalami saat - saat krisis dan membutuhkan penanganan dari tenaga medis, keselamatannya bisa saja dalam bahaya karena alat alat pendukung tidak beroperasi)
  3. Larinya investor domestik dan asing dari pasar indonesia karena tidak adanya jaminan energi listrik untuk kemajuan usaha
  4. menghambat pembangunan
  5. Banyak karyawan yang menganggur karena terpaksa di liburkan
  6. Masyarakat dengan terpaksa melakukan pencurian listrik untuk menjalankan usahanya
Listrik memang benar - benar pendukung kemajuan suatu bangsa. selalu dibutuhkan oleh masyarakat dari segala kalangan. aku memang tidak banyak mengerti mengapa sering terjadi pemadaman listrik.. kalau seandainya terjadi akibat  kecelakaan seperti gardu yang tersambar petir atau ada binatang yang membuat kerusakan maka itu jelas adalah masalah bersama. namun bila adanya pemadaman karena perawatan, maka pihak PLN perlu untuk memberitahukan kapan terjadinya pemadaman listrik. dengan begitu masyarakat akan bersiap dan mengurangi resiko akan kerugian dalam segala sektor kehidupan.

Cuma itu masukan yang bisa ku beri.. sebagai pengguna tenaga listrik maka kurasa wajar aku boleh memberikan sedikit masukan dengan kemampuan yang ada. ini semua untuk kenyamanan bersama.

thanks for read..

***

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar