Sabtu, 28 April 2012

Photo - photo lama...

Hari minggu yang lalu, aku membuka akun Facebook ibuku yang sudah lama ga di buka. sudah sekian lama ibuku tidak mengarungi dunia maya, ternyata teman - teman seangkatan nya banyak yang men tag ibuku di foto - foto ketika mereka masih kuliah.. wow,, style2 jadul.. asik juga keliatan nya... diantara foto - foto itu ada 4 photo hitam putih yang diambil semenjak zaman penjajahan.. wew,, lama banget... berikut photo - photonya..

Ini adalah foto Gunung Merapi (Marapi) yang meletus di tahun 1940.. diambil dari arah Bukittinggi, bisa dilihat dari adanya penjara Belanda di bawahnya. gunung dengan ketinggian 2891,3 m diatas permukaan laut ini adalah gunung yang paling aktif di pulau Sumatra. semenjak abad ke-18 gunung ini telah menyemburkan awan panas sebanyak 454 kali, baik yang bersekala besar maupun kecil.. posisinya terletak di Kabupaten Agam, Sumatra Barat. aku membrowse tentang sejarah letusan gunung Merapi di Sumatra, walaupun gunung ini adalah gunung yang aktif, namun gunung ini tidak memiliki sejarah letusan di tahun 1940.. yang meletus di tahun 1940 adalah gunung Merapi yang ada di Jogja.. walaupun sama - sama bernama "Merapi" (Marapi kalo orang Padang nyebutnya), sama - sama gunung aktif, namun mereka tidak meletus secara bersamaan.. kayanya salah info yang upload... kepikiran gimana jadinya kalo semua gunung berapi di Indonesia serempak meletus bareng.. ngeri ngebayanginya... kalo aku boleh kasih saran sih kabur ke kalimantan aja.. bebas bencana gunung berapi lho.. ^^

Ini adalah gambar danau Singkarak dan sungai Ombilin. dari komentar yang muncul sepertinya banyak yang punya flashback dari gambar ini. seperti kenangan di masa kecil atau pernah ingat tempat - tempat tertentu ketika mereka masih muda sekali..

Foto jalanan di salah satu jalan di Padang. keterangan gambarnya memakai bahasa Belanda, jadi ga tau ini di ambil di jalan apa.

Jam Gadang yang di ambil di tahun 1933.. awalnya dikira Benteng Fort de Cock.. ternyata bukan. photo ini diambil pada masa - masa penjajahan Belanda. saat itu atapnya masih berbentuk kubah. ketika Jepang eksis di indonesia, atapnya diganti berbentuk klenteng.. dan setelah merdeka, atapnya di ganti lagi menjadi atap rumah Gadang.

***

Demikian foto - foto yang bisa di upload.. tambahan nih,, di bawah ini adalah foto ketika ibu saya lagi jalan - jalan ke danau toba sama teman - teman seangkatan nya.. tebak ibu saya yang mana..??

^^



***

Thanks for reading... ^^

Sumber

2 komentar: