Kamis, 19 April 2012

Proses terjadinya hujan...

Tadi siang hujan lebat. bikin malam ini terasa dingin banget... ga tahan dingin nya.. sendirian di rumah,, ga ada yang di kerjain.. mendingan online. kali ini mau nulis soal hujan buat ngisi waktu. sekalian buat mengingat - ingat pelajan pas masih sd.. lumayan buah refresh otak, bernostalgia dengan pelajaran masa muda...

Hujan adalah peristiwa jatuhnya sejumlah air ke bumi (presipitasi). air hujan awalnya berasal dari permukaan tanah yang menguap (evaporasi) karena adanya panas yang di pancarkan oleh matahari. sumbernya bisa dari air laut, air sungai, air danau, air tanah, dll. selain itu air yang memuai dapat juga bersumber organisme hidup ataupun tumbuhan. air keluar dari tubuh melewati saluran nafas ataupun kulit, dan juga melewati proses fotosintesa dari tumbuh - tumbuhan. hujan adalah presipitasi (jatuhnya cairan) air yang dapat berbentuk padat (salju dan es), ataupun aerosol (embun dan kabut).

Ketika air mengalami evaporasi, air tersebut perlahan berpisah menjadi molekul - molekul kecil sehingga masa nya lebih ringan. kemudian uap air terus mengudara dan bertemu dengan uap - uap yang lain sehingga mengalami kondensasi. gumpalan uap air ataupun awan. awan tidak jatuh ke bumi karena panas dari matahari sehingga mereka tetap memuai dan tidak memadat. gumpalan uap air ini terbawa oleh angin sehingga membuat awan bertemu dengan gumpalan awan lainnya sehingga membentuk gumpalan uap air yang besar. udara terus mengantarkan awan ke lapisan atmosfer yang lebih tinggi sehingga mengalami pendinginan. pendinginan ini lah yang membuat butir - butir uar air tersebut menjadi es dan air, karena bertambah masa, es dan air tersebut jatuh ke bumi (presipitasi). es yang jatuh kebumi akan mencair bila suhu udara lebih tinggi, namun bila suhu udara rendah maka ia akan tetap jatuh sebagai es/salju.

Jenis - jenis hujan berdasarkan terjadinya

Hujan Siklonal.
Adalah hujan yang terjadi karena adanya udara panas yang naik disertai angin yang berputar.

Hujan Zenithal
Adalah hujan yang terjadi di sekitar ekuator, akibat pertemuan angin pasat timur dan angin pasat tenggara.

Hujan Orografis
Adalah hujan yang terjadi karena angin yang membawa uap air bergerak horizontal. ketika naik menuju pegunungan, maka uap tersebut mengalami kejenuhan sehingga terjadilah hujan di sekitar pegunungan tersebut.

Hujan Frontal
Adalah hujan yang terjadi bila massa udara yang panas bertemu dengan massa udara yang dingin. karena massa udara yang dingin lebih berat, maka udara yang dingin berada di bawah massa udara yang panas. tempat pertemuan kedua massa itu disebut bidang front. disekitar bidang fron inilah sering menyebabkan hujan lebat yang di sebut hujan frontal.

Hujan Muson
Atau hujan musiman, adalah hujan yang terjadi karena adanya angin musim (angin muson). siklus hujan inilah yang menyebabkan musim hujan dan musim kering.

***

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar