Selasa, 24 April 2012

Gunung...

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol dari permukaan sekitarnya. Menurut Van Zuidam, gunung merupakan dataran yang memiliki ketinggian antara 500 hingga 1000 meter. sehingga dataran yang memiliki ketinggian diatas 500 sudah dapat dikatakan sebagai gunung. dalam adat lokal, ada perbedaan penamaan antara bukit dan gunung. gunung biasanya lebih tinggi, besar, dan lebih curam dibandingkan bukit. namun pada dasarnya tidak ada definisi yang umum dari gunung. bahkan di beberapa tempat menyebut gunung saja atau bukit saja pada permukaan yang lebih tinggi. pegunungan adalah kumpulan atau barisan gunung.

Setidaknya terdapat 2 jenis gunung, yaitu gunung berapi yang memiliki aktivitas lava dan sejarah letusan, dan gunung bebatuan yang terbentuk dari proses glasial. gunung berapi adalah gunung yang terbentuk dari endapan batuan panas (lava) yang mengalir saluran fluida panas dari dalam perut bumi hingga permukaan. sehingga permukaan disekitar ujung saluran tersebut terbentuk gunung dari endapan lava yang mendingin. gunung api terdapat di seluruh dunia, namun yang terkenal terdapat di sekitar lingkaran api pasifik atau ring of fire. lingkaran api pasifik adalah garis bergeseknya dua lempeng tektonik. gunung api bisa memiliki beberapa fase dalam hidupnya. gunung api yang aktif mungkin akan berubah menjadi separuh aktif, istirahat, hingga akhirnya mati. gunung merapi dapat beristirahat dalam waktu 610 tahun sehingga sulit untuk mengenali apakan sebuah gunung sudah mati atau masih dalam posisi istirahat.

Jenis - jenis gunung berapi :
  1. Gunung berapi perisai
  2. Gunung berapi stratovolcano
  3. Gunung berapi cinder cone
  4. Gunung berapi mud volcano
  5. Gunung berapi lava dome
  6. Gunung berapi caldera
  7. Volcanic fissure vent
Gunung berapi perisai adalah gunung api terbesar di dunia. gunung api ini tdak menghasilkan ledakan yang besar karena magma yang di keluarkan bersifat encer.

Gunung berapi stratovolcano adalah jenis gunung berapi yang terbentuk dari sebuah ledakan yang besar. pembentukan gunung api ini berdasarkan pada lempeng benua.

Cinder cone adalah gunung yang berbentuk kerucut yang memiliki cekungan berbentuk mangkuk di atasnya. gunung api ini jarang ada yang memiliki ketinggian diatas 250 meter.

Gunung berapi mud volcano adalah gunung berapi terkecil di dunia. tingginya hanya 2 - 3 meter. gunung ini terbentuk dari air panas dan sendimen yang berasal dari erupsi gunung berapi di sekitarnya.

Gunung berapi lava dome adalah gunung yang terbentuk karena pendinginan lava kental yang keluar dari ventilasi gunung api. lava keluar perlahan sehingga pendinginan cepat terjadi. lava tersebut mengeras/membeku sehingga terbentuk sebuah kubah.

Gunung berapi kaldera adalah gunung api yang terbentuk karena runruhnya kawasan gunung berapi. runtuhan ini terbentuk karena adanya letusan dahsyat atau karena letusan - letusan yang bertahap.

Volcanic fissure vent adalah retakan - retakan yang terjadi karena terobosan lava. tipe ini tidak memiliki kawah utama sama sekali. lava yang keluar adalah lava yang cair sehingga mengalir dan menyebar luas.


Bila gunung berapi meletus, maka daerah disekitar gunung tersebut dapat mengalami kerusakan. berikut beberapa caranya :
  1. Letusan gunung berapi
  2. Aliran lava
  3. Gempa
  4. Aliran lumpur
  5. Abu
  6. Kebakaran hutan
  7. Gas beracun
  8. Tsunami
 ***

Sumber

1 komentar: